Tualang Meraih juara Umum lomba memasak berbahan Ikan



SIAK:Riaunet.com~Forikan Kabupaten Siak bekerja sama dengan Dinas Peternakan Perikanan dan  Kelautan Kabupaten Siak menggelar Lomba Masak berbahan dasar serba ikan, Kamis (28/7/2016) di Balairung Datuk Empat Suku komplek Abdi Praja. 

Ketua Forikan Kabupaten Siak Ny. Rasidah Alfedri menjelaskan kegiatan yang setiap tahunnya diselenggarakan, pada tahun ini mengambil tema “Dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan kita tingkatkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat kabupaten Siak". 

Maksud dan tujuan acara ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan dari sumber serba ikan. Serta menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan," jelas Rasidah. 

Penilaian ini berdasarkan dari cara menghidangkan, inovasi masakan, citra rasa dan kebersihan. Kita nilai secara objektif tidak ada unsur suka atau tidak suka. 

“Saya berharap agar masyarakat kabupaten Siak gemar untuk mengkonsumsi ikan, karena menurutnya kandungan protein pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein pada ikan dapat mudah di cerna oleh tubuh, dan mempengaruhi kecerdasan anak," katanya.

Kedepan kita harapkan generasi penerus Siak menjadi anak yang cerdas sehat dan kuat. 

"Mudah-mudahan Tahun ini kita bisa mewakili provinsi Riau untuk lomba tingkat nasional, tahun lalu tingkat provinsi Riau Forikan Kab Siak telah meraih juara umum," Imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Ny. Misnarni Syamsuar selaku pembina Forikan kabupaten Siak mengatakan kegiatan ini bisa menjadi salah satu usaha produktif keluarga. Kemudian dapat menambah kreatifitas maupun pemahaman mengenai pengolahan makanan serba ikan. 

Peserta bisa saling tukar menu dan bahkan mungkin bisa tercipta menu baru," jelas Misnarni. 

Kemudian dijelaskannya, lomba memasak berbahan ikan ini menurut Misnarni dapat membuat para suami betah dirumah, dikarenakan para istrinya gemar memasak. Anak-anak pun jadi suka makan ikan karena pengolahan menunya begitu variatif," tutupnya. 

Acara ini dilanjutkan Para peserta yang berasal dari 14 kecamatan se-kabupaten Siak menyajikan menu yang sudah ditetapkan. Dengan kreatifitas dari masing-masing peserta mengolah menu makanan yang sangat menarik dan bervariasi. 

Akhirnya setelah melakukan penilaian, akhirnya tim juri memutuskan pemenang lomba masak berbahan dasar ikan. Pemenang dibagi tiga kategori, Kategori Balita Juara I kecamatan Tualang, Juara II kecamatan Siak, dan Juara III kecamatan Dayun. 

Untuk kategori Kudapan juaran I diraih kecamatan Tualang, Juara II dari kecataman Koto Gasib dan Juara III dari kecamatan Siak. Sementara untuk kategori Keluarga Juara I dari Kecamatan Tualang, Juara II dari kecamatan Lubuk Dalam, dan Juara III dari kecamatan Koto Gasib. 
Hadiah berbentuk tropi dan uang pembinaan, untuk juara I sebesar Rp. 4.500.000, juara II Rp. 3.000.000,0 dan juara III Rp. 2.500.000,- belum dipotong pajak. 

Ketua Forikan kecamatan Tualang Yusmawati saat dihubungi melalui selulernya mengaku bangga karena terpilih kembali sebagai juara I umum. 

“untuk tahun ini kami lebih focus pada menu tradisional seperti “gulai tuna keladi becekau” dan kembang tuna," katanya. 

Dan jika dipercaya kembali untuk mewakili kabupaten Siak di kancah provinsi maupun nasional, pihaknya akan mematangkan persiapannya.(rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!