Wah... Ini Bahayanya Kalau Karet Penyambung Jembatan Tidak Ada

SIAK:Riauet.com~Kondisi Jembatan Sultan Syarif Kasim atau lebih dikenal Jembatan Meredan Kecamatan Tualang kabupaten siak-Riau kini sangat memprihatinkan, Jembatan yang menjadi Icon Kecamatan Tualang
Saat ini penyambung Jembatannya sudah mulai hilang dan terkesan dibiarkan.

  Kalau kondisi tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama akan bisa berdampak fatal, disamping membahayakan keselamatan pengendara, Jembatan yang menghabiskan anggaran milyaran Rupiah tersebut akan terancam roboh.

  Hal itu disampaikan Ketua BMT Kecamatan Tualang, Dede Kristiano Kepada riaunet. Com disela-sela peninjauannya di Jembatan meredan tersebut, Senin (11/7/2016).

  Menurut orang yang lulusan pendidikan D3 Teknik Mesin STTANAS di Yogyakarta tersebut mengaku bahwa Karet Penyambung Jembatan tersebut merupakan bagian terpenting dalam sebuah jembatan, sebab disamping memiliki manfaat sebagai elastis dengan kelenturan juga akan membantu kualitas jembatan agar tetap stabil apabila saat mobil bertonase berat melintasi di jembatan tersebut.

  Namun, apa jadinya kalau saat ini penyambung jembatan meredan tersebut hanya dikasih plat dan ditutupi dengan aspal.

  "Iya, kemaren pada saat pertama dibangun karet penyambung itu ada, tapi sekarang kok tak ada lagi ?," ujar dede dengan nada bingung.

  Dede menjelaskan, kerenggangan jembatan terus saja melebar, kemaren kalau gak salah 10 CM sekarang sudah mencapai 15 CM.

  Berarti, kalau ini dibiarkan dan berlangsung lama, tentunya akan bertambah fatal," imbuhnya.

  "Kedudukan tiang akan berpengaruh, serta konstruksi tiang juga dipertanyakan ketahanannya, sebab terus menerus mendapat tekanan dari atas bawah terutama pada saat mobil bertonase tinggi melintas di jembatan tersebut," tambahnya.

  "Dede berharap kepada Instansi terkait agar melakukan pengawasan terhadap Mobil yang bertonase tinggi serta lebih memperhatikan kekuatan konstruksi Jembatan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," Harapnya. (Iz)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!