Wakil Bupati Rohul Hadiri Sosialisasi Karhutla Yang Digelar Oleh Danrem 031/ Wirabima



RokanHulu:Riaunet.com~Guna meningkatkan pencegahan dan mengatasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau khususnya di Rokan Hulu, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi, M.Si menggelar Sosialisasi.

Secara resmi acara ini dibuka oleh wakil bupati rohul, H Sukiman di Aula ‎Convention Hall Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre (MAMNIC) pasir pengaraian, Senin (18/7/2016).

Selain Danrem 031/Wirabima dan Wakil Bupati Rohul, acara ini juga dihadiri oleh Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi Prasetio SIP, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono SIK M.Hum ,Sekda Ir Damri Harun, ketua DPRD Kelmi Amri SH, ketua Pengadilan Negeri pasir pengaraian, Kejari Rohul, ‎Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Camat ,Kades, Okp dan Ormas. 

Wakil Bupati Rohul, H. Sukiman Menghimbau agar semua pihak yang hadir dan seluruh masyarakat Rohul untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan yang akan berdampak buruk bagi lingkungan. 

"Bagi pelaku yang membakar hutan akan di kenakan sanksi dan pasal berlapis sesuai undang undang yang belaku,"jelas Wabup. 

Dalam acara ini juga dilakukan pemutaran film yang berisi, dampak, pencegahan tahap mitigasi, membuat embung, pembuatan sekat kanal, sosialisasi, apel siaga pengendalian karhutla. 

Jika terjadi karhutla, maka dilakukan pemadaman, pendinginan, water boombing, watyankes, gakum.  

Selain itu, Danrem juga memperkenalkan sejumlah personil yang ikut dalam penanggulangan karhutla. Dan memuji kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Aceng Herdiana dalam siaga untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat yang di bantu juga oleh Bhabin kamtibmas, Babinsa serta Forum Masyarakat ‎peduli api. 

"Saya sangat senang bisa bertatap muka dengan Masyarakat Rokan Hulu ditempat yang sejuk dan tenang ini," ujar Nurendi.

Diakuinya bahwa dirinya ditunjuk oleh gubri sebagai komandan satgas dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.
  
Untuk itu kita berupaya semaksimal mungkin mencegah kebakaran, dan hendaknya semua elemen ikut serta dalam pencegahan ini," katanya.

"TNI dan POLRI juga harus berperan dalam melakukan sosialisasi ke sejumlah tempat yang di anggap Berpotensi Rawan Kebakaran. Belum lama ini panglima juga pernah  ikut turun di Kabupaten Pelalawan karena disana banyak kawasan gambut.

Tahun 2016 Karhutla bisa diminimalisir, jika bertahan sampai Nopember tetap tidak ada kebakaran maka ini adalah suatu prestasi yang membanggakan," ucap dia.

Dalam beberapa bulan yang lalu, Presiden Joko Widodo telah mengumpulkan semua pihak untuk pencegahan terjadinya Karhutla, kalau terjadi lagi, akan ada jabatan yang di copot. 

"Inilah sebagai bentuk keseriusan Kepala Negara," imbuhnya.(Fah) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!