60 Unit Rumah Bantuan Di Kepenuhan Barat Sudah Hampir Rampung



RokanHulu:Riaunet.com~Bantuan bahan baku untuk rumah dalam program relokasi warga korban banjir di kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2016 telah terealisasi di 3 desa, yakni desa kepenuhan barat mulya, desa pematang tebih dan desa rambah hilir timur.

Untuk desa kepenuhan barat mulya, progres kerja dilapangan sudah mencapai 75 persen dan diperkirakan target 31 agustus akan selesai. 

Bantuan bahan baku rumah tahap 1 di kabupaten rokan hulu salah satu sasarannya untuk pemindahan warga yang tinggal di daerah rawan banjir di dusun tanjung alam desa kepenuhan barat.

Dari 181 rumah warga yang selalu terendam banjir didusun tersebut, 60 kepala keluarga diantaranya direlokasikan ke tempat yang lebih aman dan jauh dari banjir. 

Pemerintah melalui program bantuan bahan baku rumah telah menganggarkan 20 juta rupiah per 1 unit rumah, yang berukuran 6 x 6 meter, yang realisasinya berupa bantuan bahan baku rumah seperti semen 60 sak, pasir 4 truk, seng 60 lembar dan bata 8000 buah, untuk pengerjaannya dilakukan berkelompok.

Kepala Desa kepenuhahan barat, Tana mengatakan, untuk desa kepenuhan barat ini terdapat 4 kelompok, yakni kelompok cendrawasih, rajawali, perkutut dan kenari. 

Masing-masing kelompok terdapat 15 kepala keluarga, dan masing-masing keluarga bertanggungjawab terhadap pembangunan rumah di kelompoknya," kata Tana.

Ruslan, salah satu warga menyebutkan, kami dipindahkan dari daerah rawan banjir ke lokasi yang jauh lebih aman dan jauh dari jangkauan banjir, warga kepenuhan barat mengaku sangat Bererimakasih atas perhatian pemerintah.

Menurutnya tanpa bantuan dari pemerintah warga tanjung alam masih akan mengalami kebanjiran seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Rohul, Herry Islami ST MT juga mengatakan, sementara 60 kepala keluarga sudah direlokasi, dan masih tersisa 120 kepala keluarga lagi yang tinggal di daerah rawan banjir, yakni dusun Tanjung Alam.

Herry mengaku pihaknya sudah memasukkan sisa yang belum direlokasi kedalam usulan tahun 2017, kurang lebih total usulannya mencapai 300-san unit rumah lagi," kata Herry, Rabu (10/8/2016).  

Ditambahkannya, Pembangunan rumah bbr di kepenuhan barat sudah 50 persen, diantaranya rumah berukuran standar, yakni tipe 36.

"Sedangkan 50 persen lagi ukuran lebih besar sesuai kemampuan keuangan masyarakat. Ukuran rumah bervariaasi karena bantuan ini bukan untuk masyarakat miskin, melainkan untuk relokasi warga yang tinggal di daerah rawan banjir, baik yang kaya ataupun miskin," jelas dia. (na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!