Diduga 300 Ha Lahan Yang Terbakar Di Rohul Masih Bersengketa



RokanHulu:Riaunet.com~Sekitar 300 hektar lebih lahan di Kecamatan  Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terbakar, saat ini pihak kepolisian, TNI, Satuan Reaksi Cepat (SRC) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat berhasil memadamkan api tersebut.

Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto melalui Kapolsek Bonai Darussalam, IPDA H. Ali Imran menjelaskan bahwa seluruh tim sudah bekerja keras untuk melakukan pemadaman. sementara dari Polri kita melibatkan Anggota Polsek Bonai Darussalam, Satuan Polres Rohul dan BKO Brimob Polda Riau. 

"Untuk TNI telah melibatkan pihak Danramil setempat, Dandim 0313 KPR, Arhanud yang semuanya bergabung bersama masyarakat berjibaku untuk melakukan pemadaman api, untuk titik kebakaran terdapat di dua desa, yakni Desa Kasang Padang dan Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam," jelas Ali, Minggu (28/8/2016).

Diperkirakan lahan ini mulai terbakar pada 14 Agustus 2016 lalu, seluruh tim sudah bekerja berhari-hari di Tempat tersebut. 

"Alhdulillah api sudah berhasil kita padamkan, ini berkat kerja sama semua tim, kita masih tetap menyiapkan mesin air robin untuk antisipasi sampai lahan tersebut benar-benar dingin," kata Ali.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto menghimbau kepada masyarakat Rohul khususnya warga Bonai Darussalam, supaya hindari membakar lahan karena sangat berbahaya disaat musim kemarau. 

"Jika ingin bercocok tanam gunakan lah dengan cara lain, karena membakar lahan itu ada sanksi hukumnya juga merusak lingkungan ," tegas Yusuf.

Dirinya juga menyarankan agar masyarakat jangan sembarangan membuang puntung rokok, bila memancing jangan buang puntung rokok ke lahan kering, karena saat ini semua kering dampak dari musim kemarau," tambahnya.

Apakah penyebab kebakaran di Bonai Darussalam ini dari puntung rokok?, yusuf mengatakan untuk saat ini belum bisa dipastikan penyebabnya, pihaknya masih mendalami hal ini. 

"Masih kita dalami penyebab kebakaran ini, karena anggota kita hingga saat ini masih berada di lapangan," Imbuhnya. 

Pada kesempatan itu juga, Plt Bupati Rohul, H Sukiman menyebutkan hasil dari peninjauannya kelapangan di perkebunan kelapa sawit masyarakat dan milik perusahaan yang terbakar di Kecamatan Bonai Darussalam sudah dipadamkan tim gabungan.

"Kita terjun langsung kelapangan untuk memastikan kondisinya. Apinya sudah padam. Kita memberikan apresiasi atas kerja keras Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD serta perusahan dan masyarakat yang telah berhasil memadamkan api dilahan yang terbakar," ucap Sukiman.

Dia menghimbau kepada kepala desa dan Camat se-Rohul untu selalu tanggap dan cepat memberikan laporan kepada pemerintah kabupaten, TNI, Polri bilamana ditemukan ada karhutla diwilayah kerjanya masing-masing. Diduga lahan yang terbakar masih area persengketaan antara perusahaan dengan perusahaan serta perusahaan dengan masyarakat. Namun untuk mengungkap siapa pelaku Karhutla di Bonai Darussalam dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Polisi.

"Persengketaan lahan di Bonai Darussalam ini akan kita tindak lanjuti, karna ini ditempat inilah tempat terjadinya kebakaran," tutupnya. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!