Ini Alasan Kenapa ADD Desa Di Rohul Belum Bisa Dicairkan



RokanHulu:Riaunet.com~Sampai saat ini anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2016 di 147 desa yang tersebar di 16 kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) belum diterima oleh Desa, dan hingga saat ini juga belum satupun kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa.

Alasan belum ditransfernya Dana ADD ke Desa disebabkan oleh terlambatnya penyusunan Rancangan Pembangunan Jangan Menengah (RPJM) Desa tahun 2016-2021, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RAPBDes.
        
Dalam menyusun RPJM, RKP dan RAPB harus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor  114 tentang pedoman pembangunan desa.
        
Sementara itu Plt Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Rohul, Prasetiyo SIp, Minggu (28/8/2016)
membenarkan bahwa dana ADD untuk desa belum ditransfer.

Pemerintah desa saat ini sedang menyiapkan penyusunan RKP
Desa dan RAPBDes 2016 dalam hal penggunaan alokasi dana desa," kata Prasetiyo.
        
Dijelaskan dia, dalam menyusun RKP Desa itu cukup memakan waktu yang lama. Karna seluruh program kegiatan yang direncanakan harus dilengkapi dengan Desain dan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Keterlambatan penyusunan RKP Desa itu karena terbatasnya tenaga teknis.
        
"Sudah kita sampaikan ke Desa bahwa dalam medesain RAB harus memakai tenaga teknis profesional yang mempunyai basik Teknis Sipil," Jelas dia. 

Prasetiyo berharap bagi desa yang belum menyelesaikan RKP agar dapat memberdayakan tenaga pendamping yang profesional.
        
"Pendamping desa ini nantinya bertugas membantu
menyelesaikan penyusunan RKP Desa," imbuhnya. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!