Berita Terkini

Siti Nurbaya Bakar: Sangat Susah Cari Saksi Ahli Dalam Kasus Karhutla

Jumat, Agustus 12, 2016
Jakarta~Diakui Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar adanya kelemahan dalam memenangkan gugatan atas kasus kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya adalah sulitnya mencari saksi ahli untuk kasus ini.

  "Dalam perkara-perkara yang perlu saksi ahli benar-benar susah. Saksi ahlinya sudah beberapa orang saja," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

  Dirinya meminta kepada anak buahnya agar mengecek betul kelemahan apa yang membuat sulitnya menjerat pelaku pembakar hutan dan lahan.

  "Sama Dirjen Penegakan Hukum (Kementerian LHK) sudah saya bilangi, coba dicek apakah memang punya kelemahan di hukum acara, apakah proses, prosedur, sampai ke substansi. Jadi formil atau materilnya apakah memang ada problem di sana. Karena biar bagaimanapun saya kira aspek-aspek itu, Siti mengakui masih ada beberapa kekurangan nya, ndak mungkin hebat betul lah," kata Siti.

  Dia berpesan kepada anak buahnya agar memperhatikan betul materi perkara yang sedang dihadapi, agar tidak kalah.

  "Pak Dirjen sudah saya bilangi, kalau kita berperkara hukum, betul-betul harus dilihat subjek materilnya harus kuat. Nah ini ternyata bisa diisi oleh muatan aktivis. Itu saya sudah pelajari. Kan di Riau aktivisnya banyak, di Kalimantan Tengah aktivisnya juga banyak, jadi itu bisa," ujar Siti. (dtk)