Anggota DPRD Rohil Angkat Bicara Terkait Maraknya Penggunaan pukat Harimau

RokanHilir:Riaunet.com~Dengan telah maraknya Illegal fishing, kini Anggota DPRD Rohil sudah mulai angkat bicara dengan mengatakan agar Dinas Perikanan dan instansi terkait serta HNSI Tim terpadu harus segera melakukan patroli.
        
Dikatakannya, maraknya Isu illegal fishing bukan hal yang baru namun hal ini perlu disikapi bersama oleh stake holder dan dinas terkait untuk menghadang kapal yang memakai alat pukat harimau bertonase 25-30 GT yang berkeliaran dan menangkap ikan diperairan Rokan Hilir (Rohil).

Ironisnya lagi, lokasi digunakannya kapal pukat harimau hanya berjarak 7-8 Mil dari bibir pantai tanpa memperdulikan lingkungan dan nelayan lokal saat menangkap ikan.

Hal ini ditegaskan oleh Anggota DPRD Rohil, Mulkhan Muhamad, di Bagansiapapi, Rabu (14/9/2016).

"Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mengungkapkan bahwa Kapal pukat diduga berasal dari daerah jiran provinsi, itu tidak hanya menghabiskan kekayaan hasil laut Rohil, tapi hal ini juga bisa merusak alat tangkap yang telah dipasang oleh nelayan lokal.

Informasi yang kita terima dari nelayan Lokal bahkan mereka mengancam akan menabrak perahu milik nelayan tradisional, sehingga nelayan lokal merasa trauma dan kurang nyaman untuk mencari ikan di laut," Kata Mulkhan.

Dijelaskan Mulkhan, aksi nekat yang diduga dilakukan oleh nelayan daerah jiran (Sumut) dengan menggunakan kapal pukat harimau ini dinilai unsur kesengajaan, oleh karena selama ini nelayan tradisional melarang kehadiran nelayan luar datang menangkap ikan diperairan Rohil, sehingga mereka melampiaskan kemarahannya dengan cara membabi buta terhadap nelayan tradisional yang tengah melaut.
         
"Dia berharap tindakan yang telah dilakukan oleh nelayan Sumut tersebut harus dicegah sebelum kerugian ditanggung oleh nelayan tradisional bertambah banyak lagi. Kejadian seperti ini sangat berpotensi memancing kerusuhan, dan diminta agar segera bisa di tertibkan secepat mungkin," tegasnya. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!