Dalam Mencegah Penyimpangan, Siak Akan Terapkan Sistem Lapor



SIAK:Riaunet.com~Dengan pengawasan pelayanan publik melalui penanganan pengaduan masyarakat ini diharapkan dapat mencegah terjadinya Penyimpangan, seperti dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang dilakukan oleh aparat Pemerintahan Daerah (Pemda) serta bisa mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat. 

Hal ini dikatakan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Siak, H Fauzi Asni dalam rapat pembentukan tim pengelolaan pengaduan Laporan SP4N, di Ruang rapat Raja Indra Pahlawan, Kamis (1/9/2016). 

“Ini adalah barang model baru, bahwa masyarakat bisa mengadukan segala hal misalnya mungkin merugikan kepentingan publik, dengan kata lain berkaitan dengan pelayanan publik.

Barang yang dimaksudkan yaitu Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor), dan ini merupakan layanan penyampaian semua aspirasi pengaduan masyarakat secara online yang dapat diakses melalui web, fb, email, twiter dan lain sebagainya. Dan untuk menampung segala macam pengaduan tersebut diperlukan orang-orang yang berpotensi yang dapat mengoperasikan Lapor," Kata Fauzi.

Dirinya juga menyampaikan bahwa sebagai aparat Pemerintah tugas ini harus dilaksanakan, dalam satu minggu ke depan sudah akan terbentuk tim sebagai admin yang dipilih dua orang perwakilan dari setiap satker, dan akan diberi SK oleh Bupati Siak H Syamsuar.

Selain itu juga akan ditunjuk dua orang pejabat penghubung yang memenuhi kriteria, diantaranya Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mampu mengelola pengaduan, yang diteruskan oleh admin dan melapor kepada pimpinan serta mampu memahami dan mengoperasionalkan aplikasi sistem lapor, memiliki kemampuan komputer yang handal, memiliki kemampuan penguasaan informasi teknologi yang berbasis web," jelas dia.

Dan juga, lanjut Fauzi, memiliki kecakapan dalam menjawab pengaduan pada organisasi penyelenggara serta memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Kita pegawai diibaratkan seperti ikan di dalam akuarium, yang diintai dari setiap sisi," Ujarnya. (rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!