Gubri Tinjau Lokasi Industri Perikanan Di Rohil



RokanHilir:Riaunet.com~Gubernur Riau (Gubri) bersama Kepala Badan Sumber Daya Manusia kementrian Kelautan dan Perikanan(KBSDMKDP) mengunjungi dan melihat Potensi Perikanan daerah Pesisir serta meninjau tempat pelelangan ikan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Bagansiapiapi.

Usai peninjauannya, Gubernur Riau Ir H.Arsyad Juliandi Rachman MM menyampaikan, saya bersama kepala Badan SDM Kementrian Kelautan dan perikanan sengaja untuk melihat potensi-Potensi didaerah pesisir.

Sebelum datang kesini Kita juga bersama Beliau telah melihat kawasan Pesisir kota Dumai ,"kata Gubri, Rabu (28/9/2016) di Baagansiapiapi.

Kementrian SDM Kelautan RI sangat tertarik dengan kawasan Pesisir Rohil, karena Bagansiapiapi merupakan kota sejarah pusat penghasil ikan nomor 2 terbesar di dunia setelah negara Norwegia pada waktu Silam.

Beliau melihat secara langsung Aset-aset yang ada daerah sini untuk dapat dikembangkan nantinya, makanya Kementrian Kelauatan Perlu Peninjauan terlebih dahulu," Ujar Arsyad.

Mana tahu, lanjut Arsyad, dengan kedatangan kementrian kesini beliau punya program untuk membangun sebuah kawasan pengembangan SDM industri kelautan didaerah ini.

Kita juga telah tawarkan kepada kementrian, tentunya semua tergantung kembali kepada beliaulah,(Kementrian). Yang jelas beliau telah melihat seacara langsung bagaimana hasil tangkapan masyarakat nelayan, tentunya hal ini kita berharap terus berkembang ," Imbuhnya.

Dijelaskan dia, Hari ini Dinas Perikanan provinsi riau juga melihat hasil tangkapan para nelayan Bagansiapiapi, apa yang dilhat hari Ini hanya penghasilan masyarakat nelayan sebagian Kecil saja, mungkin masih ada tempat lain yang belum dikunjungi, kita tetap mendorong terus perkembangan kelautan dan perikanan di provinsi riau. 
"Kita harapkan Kepada pengelola ikan akan dapat terus di tingkatkan dan dikembangkan dengan bersinergi dengan nelayan-nelayan serta saling mengisi, sehingga potensi yang ada khususnya dibagansiapiapi bisa berkembang terus hasilnya," Kata dia.

Dan hasil tangkapan nelayan-nelayan bisa dipasarkan di kota provinsi riau, saya dengar ada juga ikan yang diexpor keluar negeri. Dan wacana Pemerintah kabupaten Rohil akan membangun Industri Pesisir.

Menanggapi hal ini , Gubri menuturkan makanya kita bawa kementerian kelautan untuk melihat daerah-daerah pesisir, kita lihat potensi yang ada selama ini masih bagus dan dapat bersinerji dengan masyarakat, saling mengisi, hal ini sangat bagus untuk dilanjutkan.

"Kecuali produksi semakin meningkat, itu dibutuhkan dan harus dibicarakan pada pemerintah kabupaten dan Provinsi maupun kementrian untuk mewacana pembangunan kawasan industri pesisir, kita tetap mendukung dan dorong terus ," Kata Gubri lagi. 

Menurutnya, kawasan pesisir dumai sudah berkembang maju, namun mencari lahan kosong sudah susah, ketika Provinsi ada pembangunan jalan disitulah industri langsung tumbuh berkembang, untuk itu kedepan provinsi riau wajar untuk membangun kawasan industri. 

Untuk Pembangunan suatu kawasan Industri pesisir harus didukung dengan Infrastruktur dulu, seperti Jalan pedamaran kepanipahan, Kita manfaatkaan jembatan pedamaran, yang penting dipungsionalkan dulu masyarakatnya," jelas dia.

"Sesuai pembicaraan dengan Bupati Suyatno, jalan menuju Dumai yang ada HPH itu bisa kita dikembangkan, dan kita lihat dulu Tata ruangnya, mudah-mudah bisa terakomodir dalam pembangunan industri dikawasan tersebut ," tambah Gubri. 

Sementara itu juga, Kepala Badan Sumber Daya Manusia Kementrian Kelautan dan perikanan, Rifky Effendy Hardijanto Mengakui Potensi Sumber penghasilan Perikanan didaerah Bagansiapiapi masih ada, makanya kami melihat bersama pak Gubernur.

"Kita lihat potensi perikanan yang ada dulu, tentunya nanti potensi dikerjakan dengan orang, Selain itu juga harus dilihat kondisi infrastrukturnya, apakah memungkinkan. Kementerian juga akan melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan terhadap nelayan didaerah-daerah mestinya agar lebih baik lagi kedepan ," Ujar Rifky. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!