Pemkab Rohil Gelar Sosialisasi Program Produk Hukum Perikanan



RokanHilir:Riaunet.com~Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) gelar Program pemberdayaan sumberdaya aparatur dan Sekaligus Sosialisasi Produk hukum bidang perikanan peraturan pengawasan diwilayah perbatasan kepada para nelayan, Selasa (20/9/2016) di lantai 4 Kantor Bupati.

Dalm smbutannya Bupati Rohil ,H Suyatno menyampaikan terkait adanya berbagai keluhan masyarakat nelayan Rohil tentang beroperasinya kapal tangkap pukat harimau yang diduga berasal dari sumatera utara yang merambah ikan diperairan Rohil.

Harapan kami hal ini kita tuntaskan secara bersama, makanya kami juga mengundang Dinas Perikanan Riau serta Danlanal Tanjung Balai Dumai dan Tim Terpadu Vertikal untuk hadir guna menimalisir adanya nasib nelayan lokal," Kata Suyatno.

"Kami nantinya berharap kepada tim terpadu untuk memberikan arahan dan pemahaman kepada nelayan.

Dari 18 kecamatan se-Rohil, 4 Kecamatan diantaranya masyarakat nelayan yang mengantungkan hidupnya dari penghasilan menangkap ikan, seperti Pasir limau kapas terdapat 4000 Nelayan. Bangko terdapat 1000 Nelayan, Sinaboi 1000 Nelayan, dan sisanya nelayan Kubu," Ujar Suyatno. 

"Selain itu juga, lanjut Suyatno, bahwa perairan kabupaten Rohil termasuk Zona pelayaran Domestik, yang salah satunya terdapat dipulau jemur, disitu juga ada pulau batu mandi yang jarak tempuhnya kira-kira setengah jam sampai negeri jiran Malaysia. 

Pulau batu mandi tersebut tidak berapa jauh dari malaysia, yakni daerah port dickson, dan banyak juga nelayan kami tidak mengetahui batas larangan zona perairan untuk menangkap ikan," jelasnya.

Selain itu juga nelayan kita tidak membawa alat monitor kontrol GPS saat pergi melaut, sehingga tanpa sengaja masuk batas perairan malaysia, dan terjadi penahanan terhadap 19 orang nelayan kita pada waktu lalu.

"Menurut Suyatno bahwa Kapal pukat harimau telah dilarang beroperasi oleh pemerintah, namun mereka tetap memasuki wilayah perairan Rohil, sehingga menimbulkan kekwatiran terhadap para nelayan lokal," Imbuhnya. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!