Suyatno: Program 5 Tahun Kedepan Perlu Masukan Dari Masyarakat



RokanHilir:Riaunet~Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengelar pra musrenbang penyusunan RPJMD 2016-2021. Dalam forum rapat tersebut mengungkap program rencana pembangunan strategis pemerintah daerah untuk memecah kantong-kantong kemiskinan didaerah lintas pesisir.

"Penyusunan Program tahap awal kegiatan 5 tahun kedepan membutuhkan masukan dari masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan, yakni dengan membangun jalan lintas pesisir di Kecamatan Pasir Limau Kapas, (Palika )," kata Bupati Rohil, H Suyatno disela-sela saat pembukaan pra musrenbang, di Hotel Lion, Bagansiapiapi, Selasa (6/9/2016). 

Dijelaskan Suyatno, untuk tahap pertama kegiatan pra musrenbang ini mewakili 7 kecamatan, diantaranya Bangko, Pekaitan, Sinaboi, Palika, Batu Hampar, Rimba Melintang dan Bangko Pusako. Oleh karena itu masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai masukan untuk program 5 tahun kedepannya. 

Contohnya program pembangunan Jalan Lintas Pesisir Kecamatan Palika, mulai dari Sungai Daun-Kuala Kubu-Pekaitan-Bagansiapiapi itu sedang tahap pengerjaan. Program itu menjadi kegiatan skala prioritas dalam membuka keterisolasian daerah khususnya daerah lintas pesisir," jelasnya. 

"Saya berharap jalan di aspal beton (rigid pavemen) sehingga akses transportasi masyarakat menjadi lancar. Sekarang mobil sudah bisa lewat Sungai Rakyat Propinsi Labuhan Batu Selatan (Sumut) dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.

Menurutnya, terbukanya akses transportasi jalur darat tersebut memudahkan masyarakat menuju ke Labuhan Batu Selatan (Sumut), jika biasanya ke Sumut ditempuh 14 jam perjalanan, maka sekarang hanya butuh 3-4 jam saja," ujar Suyatno. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kabupaten Rohil, HM Job Kurniawan mengatakan, kegiatan pra musrenbang ini sebagai kerangka uji publik dengan program yang sudah dirancang. Namun tidak tertutup kemungkinan perlu adanya masukan dari masyarakat.

"Ini hanya uji publik terhadap perencanaan kegiatan yang ada, seperti pembangunan sentra industri perikanan yang cocok dibangun di Kecamatan Panipahan, Bangko, Sinaboi. Sedangkan sentra industri padi dibangun di Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Batu Hampar, dan diharapkan bisa bersinergi," Kata Job. 

Konteks ini tidak dilihat dari segi anggaran, melainkan berbicara perencanaan program, namun jika nantinya harus disesuaikan dengan anggaran, pembahasanya itu disaat pengesahan RAPBD. 

"Selain itu banyak program lain yang sudah berjalan seperti, pembangunan jalan lintas pesisir, normalisasi anak sungai, rigid dan hotmix," ujar Job. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!