ADVERTORIAL Inilah Potensi Investasi Unggulan Perikanan Di Kabupaten Rokan Hilir

Plt Sekda Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan Msi saat meninjau pelabuhan TPI Bagansiapiapi Belum lama Ini

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat meninjau pelabuhan TPI Bagansiapiapi


RokanHilir:Riaunet.com~Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memilki daya tarik dan unggulan investasi perikanan baik perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan hasil perikanan untuk komoditi perikanan laut, yakni Rohil mempunyai sumber daya hayati yang cukup luas dan memiliki Suwadaya Manusia (SDM) yang cukup besar dan terampil di bidang perikanan sesuai aspek perikanan.

Selain itu Juga, Rohil memiliki fasilitas produksi yang sudah memadai,baik itu perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan hasil tangkapan seperti budidaya kerang dan pengolahan perikanan, serta harga produk perikanan dari Rohil dapat bersaing sesuai mutu yang dihasilkan perikanan nelayan.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas (Kadis) perikanan dan Kelautan Rohil, Muhamad Amin, Jumat (23/9/2016).

Muhammad Amin menjelaskan bahwa Kabupaten Rohil memilki jaringan distribusi yang cukup, baik itu pasar lokal maupun pasar besar untuk semua produk perikanan, selain itu Rohil memiliki potensi pengembangan sentra produksi perikanan untuk semua aspek komoditi, kemudian tersedianya bahan baku yang jauh dari pusat pengolahan pemasaran, dengan telah terbukanya media sosial membuka jaringan akses  pemasaran untuk pasar domestik dalam negeri maupun luar negeri produk ini bisa berdaya saing.

"Keberadaan jasa pengumpulan pun mudah ditemui dalam memasarkan barang komoditi produk perikanan dan kelautan, saat ini adanya permintaan dari pasar swalayan (ritel besar)dan telah membuka jaringan dan pemasaran perikanan," Jelasnya.

Program pemerintah kabupaten rohil saat ini, lanjut dia, dalam meningkatkan keahlian bagi sumber daya dan peningkatan penyerapan alih tecnologi yakni fasilitas sarana pemasaran produk lewat berbagai pameran dan iven-iven.

Selain itu program minapolitan yang berbasis pada bidang perikanan dan kelautan maupun pertanian potensi pembangunan sarana dan prasarana perikanan budidaya untuk meningkatkan ketersediaan bahan baku dan benih unggul. 

"Dengan teknologi yang semakin  berkembang, dilhat dari aspek diversifikasi produk pengembangan komsumsi ikan oleh masyarakat, hingga kini cukup tinggi untuk produk olahan siap saji," Kata dia.

Seperti Juga udah adanya fasilitas pendukung investasi, untuk berinvestasi dikabupaten rohil disektor perikanan laut, diantaranya Investasi perikanan tangkap yang memilki fasilitas pendukung seperti kapal perikanan tangkap dengan dominan ukuran kapal antara 10 GT hingga 30 GT.

Menurut Amin, Pada dasar perikanan telah dilengkapi dengan fasilitas alat tangkap yang memadai, selain itu faslitas pendukung seperti pelabuhan pendarat ikan secara kelompok maupun tangkahan serta pelabuhan  rakyat lainnya.

Kemudian juga telah tersedianya pabrik es batu uantuk dibawa oleh nelayan dalam keperluan menangkap ikan," sebut Amin. 

Masih kata dia, juga telah tersedianya sarana bahan bakar minyak (BBM) untuk keperluan nelayan, juga tersedianya fasilitas penampungan ikan hasil tangkapan dikapal maupun tempat pendaratan ikan tersebut.

"Investasi perikanan Budidaya di kabupaten Rohil juga memiliki investasi pendukung, seperti tersedianya lahan untuk budidaya kerang yang cukup luas dikawasan pesisir, dan mitu emilki fasilitas pengumpulan produk budidaya kerang, selain itu tersedianya wadah untuk pembesar Udang Eko dengan sitem Aerasi dan lainnya.

Investasi pengolahan perikanan 
Memilki pendukung lainnya, seperti tempat melakukan pengolahan dan penjemuran serta pengerigan produk perikanan, selain itu tersedianya sistem kemasan untuk Pepengolahan hasil perikanan tersebut," Sambung dia.

Amin juga menambahkan, Fasilitas pendukung yang dimiliki secara umum guna mempelancar berinvestasi dibidang perikanan, adanya sarana komukasi dan tranpotasi dan Distribusi untuk pemasaran produk dengan mengunakan sarana sepeda motor maupun gerobak guna mempermudah akses distribusi dan pemasarannya.

Tersedianya Infrastruktur jalan dan jembatan untuk jalur distribusi tersebut dan tersedianya layanan perizinan guna berinvestasi disektor perikanan bagi lembaga pemodal dan pemerintah. 
Sementara Nilai ekonomi usaha investasi perikanan tangkap unggulan komoditi kabupaten Rohil- Riau mencakup beragam Komoditi ikan, yakni Ikan senangin, Ikan Gaulama,Ikan Kakap. Selain itu untuk Jenis Udang, ada udang merah, Udang putih,dan Udang swallow serta lainnya," Paparnya.

"Untuk sementara Pelabuhan Tempat Pelengan Ikan (TPI ) saat ini belum dapat dilakukan aktivitas nelayan serta penumpang tranportasi laut, disebabkan adanya abrasi  pasang surut, tiang penyangga pelabuhan TPI miring terjadi pengikisan air pasang surut hingga kini, bagi masyarakat pengguna jasa transportasi laut pun menjadi terganggu karena khawatir tiang penyangga Roboh.

Pemda Rohil dalam waktu dekat ini akan segera memperbaiki tiang penyangga tersebut, meminta Dinas perhubungan Rohil membangun lempengan besi supaya masyarakat bisa melewati pelabuhan dengan nyaman.

Hal itu dikatakan Plt Sekda Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan Msi saat meninjau pelabuhan TPI Bagansiapiapi Belum lama Ini. 

Dijelaskan Surya, Ini merupakan faktor alam, kita tak bisa menduganya bahwa tiang penyangga itu kondisinya menjadi miring dan terkesan mau patah dan telah perintahkan dinas perhubungan Rohil untuk segera memperbaikinya dengan membangun lempengan besi. 

"Kita sudah lakukan komunikasi dengan Kadishubkominfo Rohil untuk segera membangun lempengen besi di Pelabuhan TPI. Menurut informasi lempengan besi itu telah disiapkan dan dalam waktu dekat akan segera dikerjakan," Jelasnya.

Miringnya tiang penyangga pelabuhan TPI ini disebabkan derasnya air pasang surut mencapai 8 Knot perkilometer  membuat bagian pinggiran bangunan itu terkikis. (Adv) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!