Anggota DPRD Rohil: Pemerintah Tidak Serius Tangani Ilegal Fishing



RokanHilir:Riaunet.com~Maraknya pencurian diperairan Kabupaten Rokan Hilir membuat kegelisahan pada masyarakat nelayan, Kendati sudah adanya Tim Terpadu untuk pengawasan diperairan namun Keluhan masyarakat nelayan belum juga teratasi. 

Praktek illegal fishing semakin marak terjadi disekitar perairan Selat Malaka, Kabupaten Rokan Hilir-Riau. Sementara himbauan serta larangan Pemerintah untuk menghentikan kegiatan perusak biota air dan terumbu karang tersebut tidak dihiraukan oleh pencuri Ikan tersebut.

Hal itu dikatakan Anggota DPRD Rohil, Mulkan Muhammad, Senin (3/10/2016) di Bagansiapiapi.

"Kita menduga pemerintah tidak serius dan bahkan terkesan main-main dalam menangani praktek illegal fishing yang dilakukan kelompok nelayan asal Provinsi Sumatera Utara itu.

Menurut Mulkan yang juga Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia(HNSI) Kabupaten Rohil, Padahal sudah ada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Net)," tegasnya. 
"Dugaan Ketidakseriusan Pemerintah itu bisa dilihat dari semakin meluasnya illegal fishing, siang malam Pukat Harimau yang bertonase diatas 25 GT telah meluluh-lantakkan sumberdaya ikan dan laut tanpa henti-hentinya. 

"Tapi malangnya Pemerintah sama sekali tidak pernah melakukan pengawasan diperairan, saat ini dimanakah lagi perlindungan negara terhadap nelayan," Kata Mulkan.

Dijelaskan dia, Kita prihatin akan nasib nelayan tradisional yang menjadi korban praktek illegal fishing, sementara Pemerintah hanya bisa menutup mata. 

Sepertinya pemerintah kita lihat seolah olah tak berdaya ketika berhadapan dengan kalangan pengusaha bermental pemburu rante ekonomi tersebut ," Ujar dia. 

Kita ketahui berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang berwenang melakukan pengawasan diserahkan ke Pemerintah Provinsi dan Pusat.

"Namun kita Minta juga kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dapat memfasilitasi semua itu, demi kesejahteraan nelayan dan keamanan laut kita. Apalagi sebentar lagi bertepatan dengan HUT Kabupaten Rokan Hilir ke-17 Tahun ," Ucap Mulkan. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!