Bupati Siak Hadiri Acara Pacu Handtractor Di Bungaraya

SIAK:Riaunet.com~Sidik, warga Kampung Buantan Lestari berhasil tampil terdepan dan membawa pulang piala bergilir penghulu Buantan Lestari. Tak hanya Sidik, peserta lainnya seperti Sirin dan Doni dari kampung yang sama pada posisi kedua dan tiga. Selain itu pada posisi ke empat diraih oleh Sadimun yang berasal dari kampung Kemuning Muda.

Acara ini hampir serupa dengan pacu jawi di Sumbar, Pacu handtractor ini menggunakan handtractor. Begitu bendera start diangkat para peserta berlarian menuju handtracktor masing-masing di dalam sebidang sawah yang berlumpur. 

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar saat tiba dilokasi, Minggu (23/10/2016) memberikan apresiasi kepada masyarakat atas kreativitas dan semangat gotong royong.

Syamsuar berharap agar petani muda disini bisa dan handal dalam menggunakan handtractor yang sudah diberikan oleh pemerintah, dengan begitu mereka bisa meningkatkan produksi pertaniannya. Kegiatan seperti ini menurutnya sangat baik," Harapnya.

Kedepannya lomba pacu handtractor ini akan memperebutkan piala Bupati, agar pesertanya bisa bertambah dan sekaligus mempromosikan wisata di siak.

"Kita berharap lomba pacu handtractor ini bisa bertambah ramai, dan pesertanya tidak hanya dari kabupaten Siak saja, dan masuk kedalam kalender pariwisata," Kata Syamsuar.

Diketahui bahwa acara ini dilaksanakan mulai dari tanggal 22 hingga 23 Oktober 2016 yang ditaja oleh pihak Kampung Buantan Lestari sempena penyambutan petani untuk turun bersawah dan juga penyambutan tahun baru Islam 1438 Hijrah yang diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari petani dari Bungaraya, Sabak Auh, Sungai Apit dan kampung Teluk Lanus.

Chadi, selaku ketua panitia mengatakan bahwa perlombaan pacu Handtraktor ini Merupakan kali pertama yang dilakukan, dan kedepan akan dimasukkan dalam agenda resmi masyarakat setempat.

"Selanjutnya pacu Handtraktor ini akan terus ditaja setiap tahunnya. Kegiatan pacu Handtraktor digelar guna membangun senergiritas masyarakat agar saling membangun kebersamaan," Pungkasnya.  

Peserta dibagi menjadi dua grup, yang akan dimulai dari penyisihan grup, Semi Final dan Final.

Kecamatan Bungaraya merupakan wilayah penghasil beras terbesar di Kabupaten Siak, setiap musim seluruh petani akan turun ke sawah untuk menanam padi dan mengadakan berbagai acara sebagai bentuk kesiapan mereka dalam bercocok tanam.

Pada kesempatan itu juga Bupati Syamsuar menyerahkan bantuan handtractor kepada petani. Bantuan itu diharapkan bisa membantu dalam meningkatkan produksi padi. 

Selanjutnya Bupati Siak juga meninjau kebun cabe milik masyarakat. Selain piala dan piagam para pemenang juga diberikan hadiah berupa uang pembinaan. (rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!