DPRD Rohul Minta Agar Pemkab Kaji Secara Dalam 15 izin alfamart Yang Dikeluarkan



RokanHulu:Riaunet.com~Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah mengeluarkan izin untuk pendirian 15 gerai Alfamart. sejumlah fraksi di DPRD Rohul pun menyetujui, asal Pemerinth Kabupaten (Pemkab) mampu menciptakan iklim ekonomi yang seimbang antara ritel modern dengan pedagang usaha kecil menengah, dan meminta juga agar pemkab lakukan kajian mendalam tentang izin ritel moderen.

Setelah melakukan study banding ke kabupaten sleman provinsi DI Jogyakarta, pemkab Rohul mengeluarkan izin untuk pendirian 15 dari 25 alfamart yang tersebar di berbagai kecamatan di kabupaten rokan hulu, seperti 3 unit di Kecamatan Rambah, 3 unit di Ujung Batu dan masing-masing 1 unit Alfamart yang tersebar di Kecamatan Kabun, Tandun, Pagaran Tapah Darussalam, Rambah Samo, Rambah Hilir, Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan dan Kunto Darussalam.

Memang izin yang dikeluarkan berupa izin persetujuan dan masih ada sejumlah izin lagi yang harus dikantongi pengusaha Alfamart sebelum mendirikan bangunan bngunannya, termasuk izin ritel modern.

Terkait hal itu, sejumlah fraksi di DPRD menginginkan adanya pengkajian yang mendalam, dalam hal pembuatan izin ritel modern yang akan dikeluarkan Badan Pelayanan Terpadu Perizinan dan Penanaman Modal (BPTP2M) atas dasar rekomendasi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Rohul.

Ketua fraksi golkar, Nono Patria Pratama menginginkan seluruh alfamart yang telah diberi izin pendiriannya ini betul-betul diawasi, dan tidak boleh beroperasi sampai pengusahanya mengantongi izin operasional dan izin ritel modern.

"Dirinya juga meminta agar pemkab untuk segera melakukan kajian terkait izin ritel modren alfamart," Tegasnya, Senin (24/10/2016) di Rohul.

Sementara itu pandangan dari ketua Fraksi PPP, Amron Rosadi menginginkan agar pemkab harus mempu menciptakan komitmen untuk membuat MOU dengan pengusaha alfamart terutama dalam hal pemanfaatan tenaga kerja lokal.

Selain itu juga pandangan di cetuskan oleh Amran S.Sos, anggota DPRD dari fraksi gerindra menginginkan agar berdirinya alfamart dirohul nantinya dapat memeberdayakan tenaga lokal dan membina pengusaha kecil di sekitarnya.

"Bahkan harus membina usaha kecil menengah yang ada, dengan cara memberi suntikan modal kepada pedagang kecil menengah disekitarnya," Ujar Amron. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!