Forikan Siak Kembali Gelar Sosialisasi Pengolahan Menu Balita Berbahan Ikan



SIAK:Riaunet.com~Forikan yang bekerjasama dengan PT.BUMI SIAK PUSAKO (BSP) kembali menggelar Sosialisasi dan pelatihan pengolahan menu balita dan kudapan dengan bahan dasar ikan di Kampung Sakinah se-Kabupaten Siak. Untuk rayon ketiga yaitu (Koto Gasib, Kerinci Kanan dan Lubuk dalam) diadakan di Kec.Lubuk dalam dan rayon keempat (Minas, Tualang, Kandis , Sungai Mandau) diadakan di Kecamatan Minas.

Sebelumnya Sosialisasi tersebut telah dilaksanakan pada Kamis (13/10/2016) kemarin, untuk rayon satu yang diadakan di Kecamatan Pusako dan kedua diadakan di Kecamatan Mempura.

Terlihat Raut wajah bahagia terpancar dari Ny Rasidah Alfedri saat melihat banyaknya yang antusias peserta pelatihan memasak menu serba ikan ini. Dan harapan beliau peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. 

"Untuk Ibu-ibu yang hadir dalam pelatihan ini manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya karena tidak mudah untuk mengundang Chef kita ini. Perhatikan dengan seksama dan ikutilah pelatihan ini sampai selesai," Kata Rasidah disela kesibukannya, Jumat (14/10/2016).

Harapan beliau juga agar Forikan Kecamatan dan kampung dapat melaksanakan kegiatan yang sama, dengan mensosialisasikan gemar makan ikan di kecamatan masing-masing. Karena tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan dan meningkatkan pengetahuan pengurus forikan Kecamatan terhadap warga Desa Sakinah akan pentingnya memperbaiki konsumsi pangan yang berbahan dasar ikan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Siak.

"Dengan memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan yang beragam dan bergizi dengan berbahan dasar ikan, maka untuk kebutuhan sehari-hari kita juga memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada disekitar kita," Jelas Rasidah.

Peserta pelatihan tak hanya diberikan pengetahuan mengenai menu masakan, namun diberikan juga berbagai pengetahuan dalam proses memasak agar menghasilkan citra rasa yang diharapkan, misalnya bagaimana proses pemilihan bahan baku, pembuatan bumbu, hingga proses memasak, seperti yang diungkapkan oleh Chef Rudi. 

Yang tak kalah penting dan menarik adalah bagaimana memberi garnish pada setiap sajian makanan. Dengan pemberian garnish yang tepat, selain memberikan kesan sajian makanan menjadi menarik juga akan berdampak pada selera makan serta memiliki daya jual tinggi.

Selama sosialisasi berlangsung, para peserta menunjukkan antusias mereka dengan mengerubungi Chef yang sedang mempraktekkan masakan. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!