HUT Rohul Ke-17, DPRD Rohul Gelar Paripurna Istimewa



RokanHulu:Riaunet.com~Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang ke 17 tahun 2016, DPRD Rohul, Rabu (12/10/2016) pukul 14.00 wib menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda khusus menyampaikan kilas balik sejarah berdirinya kabupaten rokan hulu yang disampaikan tokoh pendiri Rohul Khaidir MM.  

Dalam Kesempatan itu, Khaidir MM menyamppaikan bahwa pendirian kabupaten rokan hulu dimulai dari keinginan para pemuda daerah kewedanaan pasir pengaraian untuk dijadikan sebuah kabupaten yang bernama Batang rokan. perjuangan tersebut sempat gagal karena kurangnya jumlah penduduk.

Kesempatan emas membentuk kabupaten rokan hulu didapatkan ketika seminar adat yang digelar di provinsi riau pada maret 1997. pada saat itu diajukan pembentukan kabupaten rokan hulu yang terdiri dari 7 kecamatan, 91 desa dan 6 kelurahan dengan penduduk 7000 lebih," Sebut Khaidir.

Ditambahkannya, perjuangan untuk memekarkan daerah kewedanaan pasir pengaraian menjadi kabupaten rokan hulu juga dilakukan khairul suplan dan kawan-kawan dengan mengajukan dokumen aspirasi ke DPRD kampar, bupati kampar dan gubernur riau serta mentri dalam negeri.  

"Usulan pemekaran daerah kampar akhirnya disetujui oleh mentri dalam negeri bersama pemekaran beberapa kabupaten/kota lainnya. Selain rohul ada juga 6 kabupaten baru yang terbentuk secara resmi pada 12 oktober 2016, seperti pelalawan, rokan hilir, natuna dll," Jelas dia.

Kabupaten rokan hulu mendapat julukan negeri seribu suluk, dengan kondis saat itu jumlah penduduk 268.291 jiwa lebih. adapun tokoh yang pernah memimpin rokan hulu diantaranya Nur Khasim SH, Drs.achmad, Auni M.nur SH, Achmad-sukiman, Achmad-Hafith serta suparman-sukiman.

Sementara itu Plt Bupati Rohul, sukiman berharap dengan memperingati hari jadi rokan hulu yang 17 ini, pemerintah beserta masyarakat rokan hulu kedepan dapat saling mengukir prestasi dalam pembangunan kemajuan rokan hulu. 

Sesuai dengan tema hut rohul " dengan memperingati hut rohul ke 17 mari berisnergi membangun desa menata kota menuju visi riau 2020," harapnya.

"Sukiman juga mengajak masyarakat untuk memaknai perjalanan sejarah berdirinya rokan hulu dan untuk saling bahu membahu dalam melaksanakan pemerintahan yang lebih maju yang menyentuh seluruh aspek masyarakat,"tambahnya.

Dalam HUT rohul ke 17 ini selain anggota DPRD rohul,tokoh masyarakat, unsur forkopinda dan pejabat dilingkungan pemkab rohul juga hadir anggota DPRD provinsi riau, Septina Primawati, Hj. Machdalisni Achmad, Lumpita, Hj.Roslaini Ismail Suko, mantan bupati rokan hulu H.Ramlan Zas. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!