Ini Kesan Cerita Awal Berdirinya Kabupaten Rokan Hulu



RokanHulu:Riaunet.com~Satelah sukses pelaksanaan peringatan hari jadi Kabupaten Rohul yang Ke-17 yang dilakukan secara sederhana tanpa ada hiburan Rakyat saat itu, dan telah bertemunya para pendiri Rohul terdahulu bersama Plt Bupati Rohul H Sukiman pada acara silaturrahmi di Aula Hotel Sapadia belum lama ini. Salah satu tokoh pendiri, Hardizon Said yang juga Ketua Panitia menyebutkan, mari kita bersatu untuk membangun Kabupaten Rokan Hulu ini lebih baik lagi. 

"Mari kita manfaatkan momen HUT Rohul yang lalu dengan saling memberikan masukan yang positif, sehingga tercapailah visi dan misi Pemkab Rohul untuk membangun Desa Menata Kota," Sebut Hardizon Said kepada wartawan di Masjid Agung Islamic Centre Pasirpengaraian, Minggu (16/10/2016).

Hardizon memaparkan, pada acara Silaturrahmi tersebut hadir para pendiri Rohul, antara lain Mantan Bupati Rohul H. Ramlan Zas SH, MH, Drs H. Syafiruddin Nasution MM, Tengku Azuwir SE, Ir. Syamsurizal, Ir. Fauzi Nurta, DR. Haliman Makmur, Ibu Hj. Rusneti (Istri dari Drs Hairul Suplan alm) serta lainnya yang belum tersebut namanya. 

Sementara itu Plt Bupati Rohul Sukiman didampingi istrinya Hj Peni Herawati Sukiman meminta kepada para pendiri Rohul untuk dapat membuat dokumentasi berupa buku tentang proses panjang pembentukan kabupaten Rokan Hulu. 

“Mungkin ada baiknya bila proses pembentukan kabupaten Rokan Hulu dapat di buatkan dalam buku sejarah. Mumpung kita semua masih sehat dan mampu membuatnya. Pemkab Rohul siap untuk memfasilitasi dan membantu pembuatannya,” kata Sukiman berpesan kepada para Pendiri Rohul. 

Selain itu juga, salah satu pendiri yang juga mantan Bupati Rohul priode tahun 2001-2006 H Ramlan Zas SH, MH menjelaskan, proses pembentukannya yaitu dimulai dengan pembentukan Pemuda Rokan Maju, dan dilakukan Musyawarah Besar (Mubes) pada 1962 silam, dan pada 1967 mulai membentuk panitia untuk pembentukan Kabupaten Rokan atau disebut saat itu Kabro.  Dilanjutkan Tahun 1992, 1997 dan akhirnya pada Tanggal 12 Oktober 1999 Kabupaten Rokan Hulu berdiri berdasarkan UU nomor 53 Tahun 1999. 

Ramlan Zas didampingi Hardizon yang juga pendiri berharap kepada Plt Bupati Rohul Sukiman untuk tidak takut memimpin Kabupaten Rohul, dan merealisasikan visi misinya dalam membangun Desa menata Kota, sebab para pendiri Rohul akan mendukung sepenuhnya. Jika ada kelompok yang ingin mengganggu berjalannya Pemab Rohul, maka mereka akan berhadapan dengan para pendiri Kabupaten yang kita cintai ini," Ujarnya.

Hardizon menambahkan, saat inilah kita bersatu tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

"Mari tinggalkan pertikaian yang telah berlalu, mari kita menata kedepan yang lebih maju lagi ,"Pungkasnya. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!