Kadis BMP Siak Berang, PT Pelindo Timbun Anak Sungai Balam Tinggi

SIAK:Riaunet.com~Tim Pemerintah Kabupaten Siak melakukan Sidak ke Pelabuhan Pelindo Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang, Senin kemaren (3/10/2016), Kedatangan Tim Pemkab Siak mendapat laporan bahwa anak sungai Balam Tinggi akan ditimbun oleh PT Pelindo untuk memperluas arealnya tesebut.

Sesampainya areal tersebut, Kapala dinas Bina Marga Pengairan (BMP) Kabupaten Siak, Irving Kahar berang melihat anak sungai atau lebih dikenal Daerah asal sungai (DAS) tersebut semakin mengecil sehingga aliran pasang surut terhambat, imbasnya hulu sungai akan banjir karena air tidak mengalir.

"Bapak tahu gak Undang-Undang Pengairan, tentang anak sungai atau Das tersebut tidak boleh dikuasi oleh siapa pun, baik itu PT IKPP maupun PT Pelindo," Jelas Irving Kahar dengan nada lantang.

Setelah melihat Das Balam Tinggi beliau mengaku prihatin sebab kalau jadi sungai ini di timbun, hulu sungai tersebut airnya tidak mengalir  tentunya hulu sungai akan banjir.

"Silahkan bapak pagar areal bapak jangan halangi sungai ini, ketika bapak buang limbah kesungai biar masyarakat lihat langsung, apa saja yang bapak buang disana," Imbuhnya. 

Menanggapi Hal tersebut, Menager Pelindo Jalaludin mengakui bahwa itu bukan Anak Sungai.

"Berdasarkan HPL kami tahun 1988 bahwa kawasan ini bukan anak sungai jadi makanya kami timbun ini untuk memperluaskan areal ini," Jelas Jalaludin.

Setelah mendapat sanggahan dari pemkab Siak bahwa ini Das, PT Pelindo tidak akan melakukan penimbunan dan akan mempelajari terlebih dahulu.

"Iya kita tidak akan menimbun ini, kalau ini memang anak sungai, selain itu saya masih baru disini tentunya mempelajari semua," Tambah General meneger PT Pelindo Wilayah Pekanbaru Thamrin menyambung pembicaraan.

Setelah menemui kesepakatan pihak PT Pelindo, PT IKPP dan Pemkab Siak maupun Camat Tualang langsung bergerak ke Kantor Camat untuk membuat Berita acara kesepakatan (IZ) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!