Lima Tahun Kedepan Nelayan Rohil Bakal Sejahtera



RokanHilir:Riaunet.com~Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Ekspose Pembangunan ekonomis kelautan dan perikanan berbasis Inovasi yang Inklusif dan Ramah lingkungan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat menuju indonesia jaya.

Ketua DPP PDI perjuangan bidang kemaritiman menteri kelautan dan perikanan priode 2001-2004, Prof Dr Rokhmin Dahuri,MS menyebutkan, Berjuang dibidang kemaritiman dalam waktu jangka pendek hanya satu atau tiga Tahun. kedepan diberlakukan dua hal pertama dalam menyelesaikan masalah kemiskinan nelayan daerah pesisir nelayan Rohil dengan perumahan yang masih ompang camping 

Selain itu pelabuhan perikanan belum  ada dan masalah lainnya kita akan selesaikan dengan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta pengusaha yang ada didaerah kabupaten Rohil," sebutnya, Selasa (18/10/2016) di Rokan Hilir.

Menurut Rokhmin, Kita harus gas program tersebut yang sipatnya mengali mendayagunakan potensi ekonomi bidang perikanan dan kelautan dan bakal menjadikan sumber ekonomis baru, Sumber pencipta lapangan pekerjaan yang baru dan Sumber daya saing yang baru dengan konsep Jelas. 

Kemudian untuk menyelesaikan masalah kelompok kemiskinan nelayan dalam masa 5 Tahun kedepan Rohil bisa lebih maju dan sejahtera itu kira-kira," jelas dia. 

Ditambahkannya, terkait permintaan pemerintah daaerah untuk dibantunya perumahan untuk nelayan kampung poneng lalek kelurahan Bagan hulu kecamatan Bangko kabupaten Rohil, Mantan menteri Era Mega wati itu mengatakan, kita tidak mengulangi kesalahan dari daerah -daerah lain artinya program sipatnya Top Down mulai dari perencanaan, Design dan tata letak perumahan nelayan nantinya.

"Saya meyakinkan Bupati H Suyatno dan Wakil Bupati serta DPRD merakyat. Kita akan lakukan liku dismen dulu yakni bagaimana kebutuhan dan keinginan masyarakat nelayan disitu ,"ujar Rokhmin. 

"Jangan nanti lokasi pemungkiman dibangun terlalu dipinggir laut nanti sudah dibangun masyarakat tidak mau menempatinya, kita akan lakukan penjaringan apa yang diinginkan nelayan sepreti perumahan yang idamannya yang diinginkan para nelayan.

Seperti letak dan desgin ukuran perumahan nanti Bapak menteri PU dan Perumahan akan memenuhi Proposal usulan dari Bupati dan Rakyatnya.

"Saya sendiri sebagai penasehat akan memperjuangkan dan membantu bagaimana melakukan penjaringan aspirasi para nelayan kita, tidak mau menjadi keledai kegagalan jatuh pada lubang yang sama," Kata Rokhmin.

Contohnya, lanjut dia, sudah ada daerah yang lain Program tersebut dan ada yang berhasil ada juga gagal, yang gagal itu kita tinggalkan, begitu juga usulan Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan akan dilakukan penjaringan, kenapa para nelayan tidak mau kesitu ini diperlukan pembenahan lokasi tersebut. 

Selain itu tinjau mungkin adanya faktor lain Penyebab para nelayan tidak mau menjual disitu, mungkin adanya penganggu tangkahan atau tengkulak.

"Nanti itu tugas bupati Rohil bagaimana meyakinkan tanpa adanya tengkulak bertransaksi Dilokasi TPI  maupun dipelabuhan nantinya," Ujar dia. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!