Berita Terkini

Musim Kemarau, Jumlah Pasien Isfa Di Puskesmas Rambah Meningkat

Selasa, Oktober 18, 2016

RokanHulu:Riaunet.com~Pasien Infeksi Saluran Pernafasan (Isfa) seperti batuk, flu dan radang saluran pernapasan lainnya di puskesmas kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu meningkat sejak september 2016.

Kepala puskesmas Rambah, Dewi Maya Riyanti mengakui hal ini akibat polusi udara oleh debu dan asap di musim kemarau.

Saat ditemui ruangannya, Kepala puskesmas rambah Dokter gigi Dewi Maya Riyanti menyebutkan bahwa berdasarkan pantauannya sejak bulan september 2016 jumlah pasien yang berobat akibat penyakit infeksi saluran pernafasan (Isfa) baik kasus batuk atau flu dan sesak nafas di puskesmas rambah mengalami peningkatan.

"Peningkatan dalam satu bulan tidak begitu signifikan sehingga kondisi masih terkendali dan tidak perlu dibentuk pos khusus untuk menangani isfa terbut," Sebutnya, Selasa (18/10/2016).

Dewi Maya Riyanti juga mengatakan, isfa pada umumnya menyerang balita atau orang tua lanjut usia.

Untuk itu dihimbau kepada warga agar selama musim kemarau ini mengurangi aktifitas diluar rumah agar terhindar dari penyakit yang disebabkan isfa," Katanya.

"Selain itu isfa juga dapat dicegah dengan menjaga kestabilan sistem imun tubuh, dengan cara makan dan istirahat teratur dan banyak minum air putih," tambah Dewi. (Na)