Riau Expo 2016 Untuk Kepentingan Siapa??!

Pekanbaru:Riaunet.com~Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Badan Penanaman Modal Promosi Daerah (BPMPD) Riau tetap ngotot kembali menyelenggarakan Riau Expo 2016 di SKA Co Ex. Agenda tahunan tersebut akan dilaksanakan pada 24-30 Oktober 2016. 

Pada tahun lalu, pelaksanaan Riau Expo mendapat banyak keluhan dan kritikan. Lebih banyak datang dari para pengunjung yang menggunakan kendaraan. Dimana mereka menyayangkan biaya parkir yang begitu besar. 

Selain itu, kritikan lainnya terhadap anggaran yang besar dihabiskan karena dilaksanakan di gedung mewah serta keluhannya banyak masyarakat kalangan menengah kebawah tidak menikmati pasar rakyat modren tersebut. Namun kala itu, BPMPD Riau beralasan karena kondisi kabut asap saat itu, yang akhirnya diambil kebijakan dilaksanakan di dalam gedung.

Tahun ini, Riau Expo akan menghabiskan Dana Rp200 juta. Terjadi rasionalisasi dari Rp500 juta yang diusulkan. 

Hal ini menuai kritikan dari masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Lokal Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) di motori Ketua Umum DPP PPR Yusroni Tarigan, S.Sos, serta menyayangkan agenda ini di laksanakan di tempat yang mewah," Kata Yusroni saat berbincang kepada riaunet.com di pekanbaru, Rabu (12/10/2016).

"Ini agenda jangan sampai salah fokus dan salah sasaran, Riau Expo katanya akan dijadikan wadah bagi terciptanya peluang kerjasama bisnis antar pelaku usaha dan pembeli serta pengenalan sekaligus pemasaran produk Riau. Serta mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Harusnya UMKM mengedepankan upaya pengenalan produk-produk khas provinsi yang berjuluk Bumi Lancang Kuning kemasyarakatnya terlebih dahulu, jangan didik masyarakat kita selalu membeli produk luar, oleh karnanya tepat sasaranlah program yang di buat, azaznya efektif dan efisien," Tegas Yusroni. 

Lanjut dia, Belum lagi masyarakat menengah kebawah ingin mengahadiri atau bahkan ingin membuka stand, tentu butuh biaya cukup mahal baginya dan pakain yang bagus untuk masuk kesana, masyarakat malu pakai pakain yang seadanya dan sendal jepit.

Kepala BPMPD harus sadar dengan situasi dan kondisi masyarakat Riau hari ini yang harga karetnya hanya Rp 4500-5000 rupiah, harga sawit anjlok dan harga komuditi lain turun. Pedagang kecil menjerit, usaha ritel-ritel merdeka karna dimerdekakan oleh pejabat daerah dengan izin usahanya," Ujar dia.

Yusroni juga menjelaskan, Harapan masyarakat dengan adanya Riau Expo 2016 ini bisa di nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Info kewirausahaan, pekerjaan dan kerja sama lainnya. 

"Toh dahulu 2012 Riau Expo dilapangan terbuka lapangan Purna MTQ itu lebih bijaknya. Pemprov Riau jangan egolah dengan kehendaknya. Jangan buat panik masyarakat dengan kebijakan yang dibuat," tutup Yusroni dalam bincangnya. (rdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!