Adopsi Pelayanan Masyarakat Terbaik Nasional, Penghulu Tualang Kunjungi Berumbung Baru



SIAK:Riaunet.com~Untuk mengadopsi dan sekaligus menggali potensi Kampung dalam pelayanan Masyarakat terbaik tingkat Nasional, Pemerintah Kampung Tualang Kecamatan Tualang kabupaten siak mengunjungi Kampung Berumbung Baru Kecamatan Dayun. Kunjungan Kampung Tualang tersebut mellihat dan sekaligus menggali potensi melalui kampung-kampung yang berprestasi. Pemerintah Kampung (Pemkam) Tualang yang salah satunya pernah mendapat predikat kampung zakat terbaik. 

Kunjungan kerja yang dilakukan Kampung Tualang ke Berumbung Baru tersebut dikarenakan kampung tersebut meraih predikat kampung terbaik pertama di tingkat Nasional pada tahun 2015 lalu. 

Penghulu Kampung Tualang Juprianto, Jumat (11/11/2016) mengatakan, kedatangan rombongan selain bersilaturahim, bertujuan untuk mengkaji dan menggali potensi di Kampung Berumbung Baru sehingga Kampung tersebut bisa meraih juara pertama di tingkat Nasional.

"Kita mengetahui Berumbung Baru pernah menjadi juara 1 Nasional tentang pelayanan masyarakat terbaik dan memanfaatkan potensi yang ada,"Sebutnya.

Melihat prestasi yang diperoleh oleh kampung terbaik Nasional 2015 lalu, Kampung Tualang memiliki ketertarikan sendiri untuk belajar dan mengetahui apa saja potensi andalan mereka sehingga mereka nantinya menjadi Kampung terbaik berikutnya.

"Selanjutnya dalam kunjungan itu banyak hal yang kami dapatkan, pertama yang paling menarik itu adalah tingginya nilai swadaya dan kegotong-royongan masyarakat Berumbung Baru," ungkap Jupri.

Kemudian, adanya tatanan masyarakat yang sangat peduli dengan keberadaan pemerintah kampung. Sehingga setiap ada persoalan yang terjadi akan menjadi persoalan bersama. 

Kemudian lanjut Penghulu Juprianto, ada yang lebih menarik yang dilakukan oleh masyarakat Berumbung Baru. Yakni mengenai pembangunan tempat fasilitas umum yang berjalan dengan cepat, ternyata pembangunan tersebut dilakukan dengan cara swadaya dan semangat gorong-royong tadi.

"Jadi, pembangunan yang berjalan dengan cepat terjadi karena kampung tersebut tidak hanya mengandalkan dana dari pemerintah saja, melainkan dari masyarakat sendiri yang tergerak hatinya untuk ikut membangun kampung. Dengan begitu tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa kesejahteraan masyarakat bisa terwujud dengan pembangunan kampung yang bergerak dengan cepat," Imbuhnya.

Selain itu, dalam kunjungannya Penghulu Kampung Tualang yang didampingi perangkat kampung mempromosikan hasil kerajinan tangan masyarakat Kampung Tualang bernilai ekonomi. 

Camat Dayun Zalik Efendi dan Penghulu Kampung Berumbung Baru Sunarto menyambut baik kunjungan tersebut. 

"Setiap desa memiliki kelebihan masing-masing, termasuk penghulunya. Kami yakin pasti ada, buktinya Kampung Tualang mempunyai kerajinan tangan yang sangat baik dari limbah pabrik," kata Penghulu Kampung Berumbung Baru Sunarto. 

Penghulu Sunarto juga berencana kedepannya akan mengembangkan perekonomian masyarakat seperti tanaman durian, ubi kayu dan sayur-sayuran. Seperti halnya budidaya durian, saat ini Pemkam Berumbung Baru telah membagikan bibit durian sebanyak 1050 batang kepada masyarakat. (Iz) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!