Aksi Damai Oleh BEM Di Kantor DPRD Rohul Sempat Diwarnai Kericuhan



RokanHulu:Riaunet.com~Aksi damai yang digelar Aliansi Bem Se-riau di depan kantor DPRD rokan hulu, Senin (14/11/2016) sempat ricuh. Kericuhan ini terjadi saat para mahasiswa dilarang masuk kedalam gedung paripurna DPRD hingga emosi memuncak dan terjadi aksi dorong-dorongan yang menyebabkan bentrok, akibatnya sejumlah mahasiswa mengalami memar dibagian tubuh.

Usai melaksanakan musyawarah Daerah ke-V di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) pengurus Badan Eksekutip Mahasiswa (Bem) se-riau menggelar aksi damai ke kantor dprd kabupaten rokan hulu.

Aksi ini bertujuan untuk menyampaikan 4 poin aspirasi masyarakat, diantaranya harapan masyarakat rohul agar pemerintah kabupaten memperjuangkan blok rohul agar tidak jatuh pada investor luar.

Kemudian para mahasiswa ini mendesak pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah (Rtrw) kabupaten rokan hulu dalam rtrw provinsi riau, melestarikan budaya asli rokan hulu dan peduli bencana alam banjir yang menimpa hari ini, namun aksi damai ini kurang mendapat sambutan dari pimpinan dan anggota DPRD yang saat itu baru usai melaksanakan paripurna penyampaian hasil reses kepada pemkab rohul, bahkan melarang masuk.

"Mendengar larangan tersebut, para mahasiswa langsung mendesak dan memaksa masuk dengan mendorong barisan blokade polisi yang berjaga-jaga saat aksi damai berlangsung, dan bentrok fisik tak terelakkan.

Polisi yang melarang mahasiswa untuk masuk keruangan bahkan sempat melukai sejumlah mahasiswa, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun luka memar dialami sejumlah mahasiswa akibat tendangan dari para polisi yang berjaga. 

Sempat Kurang lebih 5 menit dilakukan negosiasi, akhirnya mahasiswapun dipaksa mundur sampai turun tangga halaman luar kantor DPRD, selanjutnya 13 orang pimpinan dan anggota DPRD Rohul baru datang menemui mahasiswa. Pimpinan dan anggota DPRD duduk di tangga, sedangkan para mahasiswa duduk dipelataran halaman kantor.

"Setelah aspirasi disampaikan, pimpinan DPRD Rohul yang terdiri dari wakil ketua II Hardi Candra dan wakil ketua III Abdul Muas beserta para ketua komisi menandatangani nota kesepakatan atas tuntutan aksi damai tersebut. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!