Dukung Hapus UN, Ini Alasan Ketua Demisioner IMAKIPSI Wilayah Riau

Pekanbaru:Riaunet.com~Demisioner Ketua Ikatan Mahasisswa Keguruan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) Wilayah Riau mendukung penuh wacana  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy untuk menghapus Ujian Nasional (UN).

 Kita dari dulu bersama temen-temen mahasiswa keguruan seluruh indonesia telah memperjuangkan dan mencita-citakan untuk ujian nasional ini dihapus, karena ujian ini momok yang mendatangkan tekanan berat bagi murid dan juga guru yang merasa harus mempersiapkan anak didiknya secara ekstra, ini bisa kita liat menjelang ujian nasional murid dan guru biasanya melaksanakan doa bersama bahkan ada sampai yang menangis.

 "Hal ini disampaikan Ketua Imakipsi Wilayah Riau, Rizki Erlando saat berbincang kepada riaunet.com di pekanbaru, Sabtu (26/11/2016).

 Menurut saya, Lanjut dia, pelaksanaan ujian nasional ini tidak adil, mereka dipaksa untuk bisa menghasilkan nilai yang sama dengan siswa dari sekolah-sekolah yang sudah maju, fasilitas lengkap, guru memadai, dan punya akses yang luas serta sarana/prasarana yang memadai.

 Apalagi sekolah akan terancam jika banyak siswanya tak lulus, akibatnya terjadilah kecurangan dan bocoran soal disana sini. Pada akhirnya kita perlu belajar dari Negara-negara maju yang tidak memakai system ujian nasional, seperti Finlandia, amerika, jerman, kanada, australia," Kata dia.

 Rizki menyebutkan bahwa difinlandia yang di Clam menjadi negara dengan pendidikan terbaik dunia Ujian ditiadakan, karena dianggap tak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara itu, mereka fokus kepenguatan SDM dan penguatan guru secara profesional.

 Mengingat Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun lalu menelan biaya hingga Rp 560 miliar. UN 2015  sebaiknya dialihkan untuk program yg lebih bermanfaat serta untuk sarana/prasarana pendidikan di indonesia yang masih membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah, terutama di daerah terpencil," sebutnya.

 "Intinya kita di riau mendukung penuh penghapusan UN.

 "Demisioner ketua ikatan mahasisswa keguruan seluruh indonesia Wilayah Riau mendukung penuh wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy untuk menghapus Ujian Nasional," ujar Rizki. (rdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!