Ilegal Fishing Marak, DPRD Rohil Intruksi Diskanlut Terbitkan Surat Kapal

Wakil Ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim

RokanHilir:Riaunet.com~Dengan Semangkin maraknya aksi pencurian ikan (ilegal fishing) di wilayah perairan laut Rohil, ini diperlukan beberapa tindakan nyata. DPRD Rohil meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) segera melakukan pendataan ulang terkait menerbitkan buku atau surat kapal. Hal ini ditegaskan wakil ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim, Rabu (2/11/2016).

Dijelaskannya, selain untuk mecegah maraknya ilegal fishing, penerbitan buku kapal itu juga untuk mengetahui jumlah nelayan yang mmiliki kapal.

"Sesuai Kewenangannya Diskanlut Rohil, diminta komitmen untuk lakukan pendataan itu, jadi dengan adanya buku kapal itu, kapal nelayan Rohil memiliki identitas," jelas dia. 

Abdul berharap ahar Diskanlut Rohil bisa menerbitkan buku kapal yang berukuran 5GT kebawah, dengan surat itulah akan menambah kenyamanan bagi nelayan untuk mengakui kepemilikannya.

"Kita selama ini tidak tahu, siapa-siapa pemilik kapal itu, sehingga kita tidak tahu kapal yang diperairan Rohil yang beroperasi itu kapal siapa, apalagi selama ini dinas hanya mendata nelayannya saja," tegasnya. 

Hal ini juga sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh Dinas terkait, namun realisasi dilapangan tidak ada.

"Menurutnya Ini berkat kurangnya sosialisasi dari dinas kepada masyarakat untuk mendaftarkan kapalnya," Ujar Abdul. (Sr)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!