[OPINI] Sumpah Pemuda: Tonggak Awal Kebangkitan Bangsa



Penulis: Ibnu Arifin SH (Ketua Advokasi Hukum DPP PPR Provinsi Riau), Selasa (1/11/2016) 

Pekanbaru:Riaunet.com~ 28 Oktober 1928 adalah tanggal yang istimewa segenap bagi bangsa Indonesia dimana pada saat itu para pemuda bersatu dan mengucapkan ikrar janji setia yang kemudian dikenal sebagai sumpah pemuda. 

Sumpah pemuda menjadi pondasi terbentuknya semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada kala itu masih dikuasai oleh penjajah sehingga perlu adanya suatu formulasi mengenai persatuan bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme cinta indonesia yang kuat untuk meraih kebebasan dari belenggu kolonialisme. Semangat para pemuda pada masa itulah yang akhirnya membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Karena keberadaan Sumpah Pemuda merupakan batu pijakan bagi bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. 

Dalam kondisi kekinian, sebaiknya pemerintah menggunakan momentum Sumpah Pemuda sebagai media untuk menghimpun kesadaran bahwa mendahulukan persatuan dan kepentingan nasional sangatlah penting, terutama untuk konteks Pilkada Serentak 2017. 

Apa yang telah diamanahkan oleh Bung Hatta semestinya bisa dimaknai sebagai rem atau lonceng pengingat agar kita tidak kebablasan melakoni hidup di zaman yang serba mengedepankan kebebasan ini. 

"Generasi penerus wajib mampu meminimalisasi dampak era yang didominasi oleh spirit kapitalisme. Jangan terperangkap dalam budaya (sikap hidup) hedonis/materialistis serta individualistis. 

Amanah dari Bung Hatta seharusnya menjadi pedoman Revolusi Mental bagi generasi kekinian. 

"Masih ingatkah dengan kalimat "jika satu batang lidi maka akan dengan mudah untuk dipatahkan, akan tetapi jika banyak batang lidi kemudian disatukan maka akan sulit untuk dipatahkan". 

Semangat Generasi Muda, jika melihat tindak tanduk para pemuda maka ada sesuatu yang khas dalam diri mereka yakni "semangat". 

Iyaaa, semangatlah yang terkadang menjadi dorongan para pemuda untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. 
Tentunya generasi mudalah kelak yang akan mewarisi dan melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita suatu bangsa. 

Komitmen dan konsistensi, sumpah pemuda merupakan tonggak awal komitmen para pemuda pada masa itu untuk mencapai tujuan, yakni kemerdekaan bagi Indonesia sehingga terciptalah ikrar sumpah pemuda dan konsistensi dari para pemuda terhadap janji mereka dalam sumpah pemuda telah membawa bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Lalu bagaimana dengan sekarang ini? 

Setelah 88 tahun yang lalu para pemuda membawa semangat persatuan dengan mengikrarkan sumpah pemuda. 
Apakah semangat itu masih ada dalam diri para pemuda saat ini??? Ataukah justru semakin luntur terkikis oleh perkembangan zaman yang serba modern??? tentunya semua pertanyaan tersebut menjadi introspeksi diri bagi kita sebagai bangsa Indonesia yang hidup pada saat ini.

"Jika melihat kondisi bangsa Indonesia dewasa ini, dimana muncul banyak konflik yang dilatarbelakangi oleh persoalan-persoalan yang berkaitan dengan identitas diri seperti agama ataupun suku, dan yang lebih memprihatinkan lagi ketika suatu konflik muncul dari generasi muda seperti tawuran yang melibatkan pelajar atau mahasiswa, barangkali ini bisa menjadi indikasi bahwa semakin lemahnya rasa persatuan dalam diri bangsa Indonesia. 

Mengingat kebesaran sejarah sumpah pemuda maka sudah sepatutnya yang kita lakukan sekarang adalah bukan hanya "mengenang" peristiwa tersebut akan tetapi "merenungkan" dalam-dalam dan mencoba untuk merefleksiki diri sudah sejauh manakah kita melangkah untuk kemajuan negara indonesia, rasa nasionalisme kecintaan terhadap negara Indonesia sehinga kita sebagai generasi penerus bangsa dalam rangka untuk memperjuangkan kedaulatan dan cita-cita Indonesia dapat direalisasikan dengan baik. 

"Hendaknya hari sumpah pemuda mampu membakar semangat nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia bahwa tidak dapat dipungkiri, sumpah pemuda membuka cakrawala kehidupan yang harmonis bagi bangsa indonesia karena mempunyai misi persatuan, meskipun bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, namun tetap menjunjung tinggi persatuan, yaitu INDONESIA. (rdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!