Pemkab Rohul Akan Fokus pada perbaikan Sanitasi Masyarakat



RokanHulu:Riaunet.com~Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pemkab rohul di tahun 2016 ini akan merencanakan kegiatan untuk perbaikan sistem sanitasi masyarakat yang saat ini dalam keadaan buruk. pemkab rohul bekerjasama dengan pokja sanitasi provinsi riau lagi menyusun rencana program percepatan perbaikan sanitasi pemukiman 2016-2019.

Badan perencana pembangunan daerah, Rabu (2/11/2016) menggelar rapat konsultasi publik dalam rangka penyusunan dokumen pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten/kota (SSK) tahun 2016-2019. Kegiatan ini dibuka asisten II setdakab Rohul, H.Syaiful Bahri M.Si, dan diikuti para camat.

Kepala bidang fisik dan sarana prasaran Bappeda kabupaten Rohul, Afrizal Sp, M.IP mengatakan, pemkab sejak tahun 2015 berupaya untuk melakukan perbaikan sistem sanitasi pemukiman masyarakat.

Seperti Ditahun 2015 dan 2016 beberapa kecamatan sudah mendapatkan pembangunan Drainase dan MCK yang dananya bantuan dari dana pusat. Sesuai target pemkab rohul melalui program SSK ini disusun sampai tahun 2019," Katanya.

Untuk itu, lanjut dia, hari ini diadakan pertemuan dengan para camat untuk menguji keabsahan data Bappeda dalam hal desa sasaran sanitasi di rokan hulu,

"Ditahun 2016 pencapaian pembangunan fisik drainase sudah mencapai 58.89 persen. Sedangkan sanitasi mencakup MCK, air limbah, pengelolaan sampah ini masih membutuhkan perhatian dari pemerintah," ujarnya. 

Sementara rencana program sanitasi ini masih dalam pembahasan dan perencanaan, ini dikatakan asisten II Setdakab Rohul, Syiful Bahri yang juga memberi masukan berdasarkan persoalan sanitasi di rokan hulu saat ini.

Sayful Bahri berharap program sanitasi ini nantinya mampu menyelesaikan persoalan sistem drainase yang buruk di kabupaten rokan hulu, khususnya di kota pasir pengaraian. Sebab buruknya sistem drainase akan menyebabkan kebanjiran dan merusak keutuhan infrastruktur jalan yang sudah dibangun," Jelasnya .

Disebutkan Sayful Bahri, saat ini sistem drainase yang buruk terjadi di simpang SMKN 1 Rambah.

"Dirinya berharap agar dinas terkait segera melakukan tindakan yang harus dilakukan," harapnya. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!