Tim EKK Riau Lakukan Penilaian Ke Kecamatan Koto Gasib



SIAK:Riaunet.com~Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Riau melakukan penilaian di Kecamatan Koto Gasib, Selasa (1/11/2016). Kecamatan Koto Gasib termasuk yang mewakili Kabupaten Siak untuk menjadi yang terbaik di Riau.

Kedatangan tim penilai tersebut disambut langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab siak Jamaludin didampingi Camat Koto Gasib Syafrizal.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Umum Setda Provinsi Riau Rahima Erna, Ketua Tim Penilai Rahyunir, Kepala Bagian Tata Pemerintahan SetdaKab Siak, Budi L Yuwono, Kepala UPTD Kecamatan Kandis, Kepala Bagian Organisasi SetdaKab Siak Kharial Azmi, Kapolsek Koto Gasib, penghulu dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum, Jamaludin mengatakan bahwa EKK ini merupakan kegiatan yang terprogram, dan bertujuan memotivasi camat.

"Kegiatan EKK ini Memang suatu kegiatan yg memang sudah diprogramkan, disamping menilai kecamatan sekaligus juga menilai camatnya. Jadi di Siak ini hampir 5 tahun melakukan kegiatan ini dan tujuannya untuk memotivasi camat beserta jajarannya serta masyarakat untuk berlomba-lomba bersama kita membangun kecamatan yang kita cintai," katanya.

"Alhamdulillah, dengan kegiatan ini kita dapat melihat geliat pembangunan yang sudah kita rasakan di Kecamatan. Sejalan dengan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Siak juga sejak tahun 2012 lalu sudah melimpahkan izin dan kewenangan Kabupaten kepada Kecamatan dan juga kepala desa. 

Terdapat 76 izin dan rekomendasi yang merupakan kewenangan Kabupaten yang diserahkan ke kecamatan dan desa, dengan tujuan mempercepat pelayanan dan efisiensi," jelas Jamal.

Sementara itu Rahima juga menyebutkan bahwa EKK merupakan agenda tahunan guna mencari kecamatan dengan pelayanan publik terbaik. 

"Kegiatan ini semacam pemberian reward dan motivasi kinerja pemerintah kecamatan dalam pelayanan terhadap masyarakat,"ujarnya.

"Kami datang ke Kabupaten Siak ini sudah tidak meragukan lagi, baik di tingkat Provinsi maupun nasional siak sudah dikenal. kami sangat banggakan Siak, termasuk kepada pariwisata serta ikon lainnya terutama Istana Siak," tambahnya.

Rahima mengakui dengan keunggulan dan potensi yang dimiliki Kabupaten Siak akan sulit dikejar Kabupaten lain. semua Kecamatan di kabupaten hampir sama, dengan melihat pada Kecamatannya yang minim akan konflik, memiliki banyak prestasi dan juga kinerja aparatur yang bagus serta masyarakatnya yg welcome.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Tim Penilai Provinsi Riau DR Rahyunir Rauf, menjelaskan, sesuai Peraturan Gubernur No.50 tahun 2014, ada empat indiaktor penilaian.

Pertama, indikator pendelegasian kewenangan dari Bupati kepada Camat yang disebut dengan tugas delegatif camat. Artinya sejauh mana camat menyelengarakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati.

Kedua, tugas umum pemerintahan, kontek pemerintahan disebut tugas atributif camat. Ini melekat pada personal camat itu sendiri.

Ketiga, pelaksanaan tugas lain. Artinya tugas di luar atribut dan delegelatif, sifatnya insidentil, di luar pelimpahan wewenang.

Keempat, inovasi Camat dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Dan kelima indikator yang ditambah tim penilai, prestasi yang diraih kecamat.

Dan untuk tekhnik penilaian, dengan melakukan wawancara terhadap camat, kapolsek, danramil, penghulu serta perangkat lainnya yg ada d lingkungan kecamatan koto gasib, menggunakan tekhnik dokumentasi, observasi pengamatan secara langsung di kantor camat.

"Ini merupakan tahun yg ke lima kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerinta Provinsi Riau, dan di tahun kelima ini kami turun di Kabupaten Siak. Pemerintah Daerah Kabupaten Siak senantiasa mengikuti kegiatan ini, dan tidak pernah absen untuk menjadi juara di setiap tahunnya," imbuhnya. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!