UPT PKB Rohul Tolak 8 kenderaan Untuk Uji KIR



RokanHulu:Riaunet.com~UPT PKB Rokan Hulu (Rohul) menolak 8 mobil cold dan truk untuk di uji Kir. kepala PKB mengaku kedelapan kenderaan tersebut bemasalah pada lampunya yang pecah, ban botak, spion pecah dan over dimensi. kedelapan mobil tersebut dianjurkan untuk melakukan perbaikan dulu dalam waktu 24 jam.

Gedung pelayanan uji kir upt pkb dinas perhubungan komunikasi dan informasi kabupaten kabupaten rokan hulu, Jumat (11/11/2016) terlihat sangat ramai dan terjadi antre dari sejumlah kenderaan roda 4 jenis cold dan truk.

Terlihat Para supir dan pemilik kenderaan inipun harus antre untuk menunggu giliran pelaksanaan uji kir, di ruang gedung ini satu persatu kenderaan roda 4 diperiksa dalam 6 tahapan pemeriksaan terkait kondisi kenderana, mulai dari uji mekanis dari smore, speedo, timbangan, rem, side slip, uji lampuan kolong atau bagian bawah serta uji dimensi.

Dari beberapa pengujian tersebut, sampai pukul 11 wib siang upt pkb dishubkominfo rohul sudah menolak 8 kenderaan untuk uji kir, dan kenderaan yang lolos uji sebanyak 7 kenderaan.

"Pemilik 8 kenderaan yang tidak lulus uji kir tampak kesal karena dianjurkan untuk memperbaiki kerusakan kenderaan sesuai catatan petugas kir.

Kepala UPT PKB Dishubkominfo rohul, Yusom mengatakan, 8 kenderaan yang tidak lolos ini diantaranya mengalami permasalahan lampu sain yang pecah, spion pecah, ban botak, over dimensi dan termasuk juga kenderaan yang kotor karena lumpur.

Untuk kenderaan yang masih kotor ini tidak akan diuji Kir karena alat uji yang bersistem komputerisasi, sangat sensitif dan peka terhadap kotoran. untuk itu mobil yang akan di uji kir wajib bersih," Katanya.

Dijelaskannya, pemilik 8 kenderaan ini dianjurkan untuk melakukan perbaikan sesuai permasalahan kenderaannya masing-masing dalam 24 jam kedepan maksimal 3 hari kedepan.

"jika dalam 3 hari tidak kembali melakukan uji kir dan waktu uji kir sudah melewati batas jatuh tempo, maka pemilik kenderaan akan dikenakan sanksi administrasi sesuai perda nomor 3 tahun 2011," Jelas dia.

Kurang lebih dalam dua bulan terakhir, 200 kenderaan roda 4 dari berbagai jenis ditolak untuk diuji kir karena berbagai persoalan yang dinilai, apabila diloloskan maka akan bisa menyebabkan kecelakaan bagi pemiliknya. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!