Kuasa Hukum Aktivis Diduga Makar Akan Laporkan Kapolda Jaya Ke Kompolnas



Jakarta~Diduga Makar, Rizal, Sri Bintang Pamungkas dan Jamran sampai saat ini masih ditahan di polda Metro Jaya. Mereka dijerat dengan dugaan kejahatan terhadap keamanan negara dan atau tindak pidana sesuai dengan pasal 107 KUHP, 110 KUHP atau pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang No 11 tentang ITE.

Andris Basril, selaku Kuasa Hukum Rizal dan Jamran menilai apa yang dilakukan pihak kepolisian dengan menetapkan kliennya sebagai tersangka tidak mendasar, dan dirinya meminta agar kliennya dibebaskan.

Dia juga menilai bahwa penahanan kliennya tidak sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, sehingga, pihaknya akan melaporkan Kapolda Metro Jaya.

"Akan kita lakukan laporan kepada Kompolnas terhadap Kapolda, karena telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur hukum. Kita juga akan melapor ke Komnas HAM, karena secara jelas dan terang telah melanggar HAM," Katanya, Senin (5/12/2016). 

Andris juga akan melakukan upaya hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku, selain itu juga dirinya akan melakukan koordinasi dengan berbagai LSM dan Ormas terkait penetapan dan penangkapan yang tidak sesuai prosedur tersebut.

"Akan kita lakukan dan berkoordinasi dengan beberapa NGO, seperti Kontras, Imparsial, LBH Jakarta, YLBHI, GNPF MUI, FPI, Kahmi, PB HMI, Muhammadiyah, NU, dan lain-lain terkait penangkapan, penetapan tersangka yang tidak sesuai dengan prosedur hukum dan terang telah melanggar HAM, yang kita ketahui bersama bahwa keduanya adalah aktifis yang secara aktif dan mendukung gerakan Aksi Bela Islam," Ujarnya. (mdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!