Tingkat Partisipasi Warga pada Pilkades Serentak 2016 Di Rohul Sangat Tinggi



RokanHulu:Riaunet.com~Pelaksanaan pilkades serentak dikabupaten rokan hulu berjalan lancar. Terlihat di beberapa desa masyarakat begitu tampak antusias dan mendahulukan hak pilihnya dari pada pekerjaan harian, hingga tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih pemimpinnya sangat tinggi.

Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2016 dikabupaten rokan hulu yang dilaksanakan pada hari kamis (1/12/2016) ini berjalan lancar. didesa rambah samo barat kecamatan rambah samo contohnya, proses pemungutan suara di 5 TPS dilaksanakan mulai pukul 7.00 wib yang terdiri dari 5 Calon Kepala Desa (Cakades), yakni, Wahid, Firdaus, Yarmanis Daulay, Resky dan Isnaini.

Jumlahd Daftar Pemilih Tetap (DPT)di desa Rambah Samo Barat (RSB)sebanyak 2238 pemilih.

Ketua panitia penyelenggara pilkades RSB, carles saat ditemui wartawan usai menyalurkan hak pilihnya di TPS 3 dusun kubu baru mengatakan, sampai pukul 9.30 wib sudah 30 persen masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya.

Melihat antusias masyarakat pagi ini diprediksi tingkat partisipasi masyarakat sampai pukul 14 wib akan mencapai 85 persen," Katanya di rambah.

Sementara itu, salah seorang warga RSB dari kalangan petani, Hendri mengaku mendahulukan diri untuk menyalurkan hak pilihnya baru berangkat bekerja ke kebun," singkatnya.

Ditempat berbeda, didesa Suka Maju kecamatan rambah, panitia penyelenggara pilkades optimis tingkat partisipasi masyarakat mencapai 95 persen.

"Pasalnya sampai pukul 10.00 wib, sudah 60 persen dari daftar pemilih tetap 2523 orang yang sudah menyalurkan hak pilihnya," jelas dia.

Diketahui bahwa di desa suka maju juga terdapat lima kandidat cakades, yakni Suherdi ST, Suryadi, Khairul, Safri dan Baharuddin.

Sedangkan di desa Koto Tinggi, berdasarkan pantauan ketua panitia pilkades, Dayat bahwa sampai pukul 11 wib tingkat partisipasi masyarakat yang sudah menyalurkan hak pilihnya di 10 TPS telah mencapai 70 persen dari dari jumlah pemilih 4292 orang.

"Dia mengaku di koto tinggi masyarakat tidak dibenarkan menyalurkan hak pilih dengan menggunakan KK atau KTP, di koto tinggi terdapat 5 calon kepala desa, Yaknis Sunardi, Alfarezi, Agusturi, AndRi Saputra dan Asmi Jumairi," paparnya.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkades serentak di rokan hulu meningkat dikarenakan faktor kekeluargaan. Setiap keluarga dan suku ingin memenangkan calon kepala desa usungannya masing-masing. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!