Wow Keren, Anggaran Parfum Ruangan Pemda Siak Capai Rp 818 Juta



SIAK:Riaunet.com~Sungguh Fantastik anggaran yang di Anggarkan oleh Pemda Kabupaten Siak Tahun 2016 ini, pemerintah Kabupaten Siak menganggarkan sebesar Rp818 Juta untuk belanja parfum pengharum ruangan. 

Anggaran tersebut justru lebih besar dari alokasi anggaran untuk pencegahan Karhutla yang dialokasikan Pemerintah Daerah (Pemda) Siak pada BLH dan Dishutbun tahun 2015 sebesar Rp457 juta, dan tahun 2016 sebesar Rp486,4 juta. 

Tidak hanya parfum, Pemda Siak juga menganggarkan ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk belanja lainnya yang tidak efisien. Seperti perjalanan dinas, pakaian dinas, penghias rumah, makan minum, sewa sound sistem dan lain-lain.

Demikian disampaikan, Triono Hadi, peneliti Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau dalam diskusi publik mendorong anggaran tata kelola hutan lahan di Kabupaten Siak, Kamis (22/12/2016). 

Anggaran untuk pencegahan Karhutla tersebut menurutnya sangat belum proporsional jika dibandingkan dengan belanja parfum. Belanja parfum tahun 2015 sebesar Rp.802 juta, dan pada tahun 2016 sebesar Rp. 818 juta.

"Memang, tidak salah menganggarkan belanja parfum karena juga itu termasuk kebutuhan, akan tetapi penganggaran juga harus adil dan proporsional dengan kebutuhan lainnya," sebutnya. 

Triono menjelaskan, bahwa daerah saat ini harus melakukan upaya penghematan anggaran. Salah satunya harus memangkas, bahkan menghilangkan anggaran-anggaran yang tidak diperlukan. 

"Agar belanja pembangunan tidak terganggu dan masih bisa berjalan, maka efisiensi dan penghematan wajib dilakukan. Penghematan lebih diarahkan kepada belanja-belanja aparatur," harapnya. 

Triono menambahkan, bahwa selama ini berdasarkan hasil analisis anggaran menunjukkan, alokasi anggaran masih besar untuk program non urusan dimasing-masing SKPD. Program non urusan seperti, pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan disiplin, peningkatan sarana dan prasarana gedung kantor, dan lain-lain.

Untuk itu kata Triono, kedepan anggaran-anggaran non urusan tersebut harus dipangkas. Meskipun dipangkasan mencapai 40%, tidak akan menggangu penyelenggaraan pemerintahan.(iz)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!