Flickr

"Apa Kabar Visi Riau 2020 !!!"

Yusroni Tarigan (baju hitam) Saat Menghadiri
Acara diskusi
Penulis: Yusroni Tarigan, (Ketua Umum PPR Riau), Jumat (20/1/2017)


Pekanbaru:Riaunet.com~Pemuda sejatinya adalah manusia yang memiliki jiwa yang kritis, ilmiah dan solutif. Serta rohani yang sehat, taat beribadah sesuai dengan agama yang di anutnya.

Sebagai generasi pelurus dan penerus pemuda harus mampu jadi pemecah kebekuan dan kebuntuan dalam masyarakatnya.

Identitas pemuda adalah patriot masa depan.

Berbicara pemuda tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya pendidikan, karna potret sebuah negri adalah potret pemudanya hari ini. Pemuda bukan generasi pengekor dan pelapor. Ada fungsi yang di sandang diatas pundaknya untuk masa depan negrinya.

Fungsi pengkontrol kebijakan (agent of social control) fungsi perubahan (agent of change) dan agent masa depan (iron stok). Tujuan dari pendidikan Indonesia termuat jelas dalam konstitusi. 

Tujuan Pendidikan (Kemdiknas): "Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.

Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

"Lalu sudah sejauh mana upaya untuk memenuhi tujuan itu??!

Apakah bangsa ini sudah menyadari bahwa pendidikan merupakan proses terpenting untuk meningkatkan SDM di suatu Negara demi kemajuan negara.

Di usia yang lebih dari 71 tahun merdeka, ternyata pendidikan kita masih memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari, antara lain belum terpenuhinya angggran pendidikan yang diamanatkan oleh konstitusi sebesar 20%. Banyaknya sekolah-sekolah yang kondisinya sudah tidak layak. Masih ada guru yang kualitasnya rendah. Kontroversi UAN yang sampai sekarang masih belum selesai.

Dan yang masih hangat dibicarakan sekarang adalah beberapa Universitas terkemuka di Indonesia menolak masuk dalam perhimpunan SPMB. Sistem pendidikan Indonesia yang kapitalistik. dll).

TUJUAN NEGARA INDONESIA DALAM PEMBUKAAN UUD 45 :

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

2. Untuk memajukan kesejahteraan umum.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, Perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

Enam hari setelah Bom Atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada 1945, yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat pada Perang Dunia II (1942-1945), Kaisar Hirohito (bertakhta 1926-1989) berupaya membangun kembali bangsanya yang sudah porak-poranda itu. Ia memerintahkan menteri pendidikannya untuk menghitung jumlah guru yang tinggal dan masih hidup.

"Teringat Kata Guru Besar Prof. Hasan Basri Jumin : "Visi Riau Akan Tercapai Jika Pendidikan di Prioritaskan".

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru dan dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. 

Berbicara Riau, banyak sekali tugas kita sebagai pemuda untuk menata kelolanya kedepan kelak. Masa Depan Riau Ditentukan Oleh Pembinaan Kualitas Pemudanya. Budaya Diskusi dan Memiliki Referensi Yang Kritis, Ilmiah dan Solutif Harus di miliki. 
Tidak saatnya lagi pemerintah dan masyarakat larut dengan berbagai kegiatan seremonial yang tidak menyentuh masalah mendasar dibidang pendidikan. Sangat disadari ketidak mampuan industri juga merupakan PR pemerintah Riau mengahadapi permasalahan pendidikan Riau.

"Penyerap tenaga kerja tempatan Riau sedikitnya dipengaruhi dua faktor. 

Faktor pertama yaitu masih lemahnya komitmen dan keberpihakan industri/ dunia usaha itu sendiri terhadap tenaga kerja Riau. 

Faktor kedua adalah tidak tersedianya lembaga pendidikan yang memiliki relevansi dengan kebutuhan industri di Riau. 

Kalaupun ada biaya pendidikannya sangat mencekik yang sedikitpun tidak memungkinkan untuk dimasuki oleh anak Riau yang secara ekonomi sudah sangat miskin dan kuliah hanya dengan semangat dan keinginan menggebu untuk memperbaiki nasib dan kehidupan.  

"Dari data yang dikeluarkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau tahun 2014 silam, angka pengangguran 6,56 persen dari penduduk Riau 6 jutaan atau sekira 176.762.

Kemudian tahun 2015 angka pengangguran menjadi 7,83 persen atau sekitar 217.053 orang. 

Setelah mengetahui siapa generasi muda dan bagaimana pengaruhnya dalam perubahan suatu bangsa, serta mengetahui permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan kita, maka seharusnyalah pemuda ikut andil dalam perubahan bangsa ini dalam hal pendidikan.

"Haruslah pemuda menjadi garda terdepan yang memperjuangkan hak rakyat untuk memperoleh pendidikan, seperti diamatkan oleh UUD 1945 pasal 31. 

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Pasal 31:

(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurangkurangnya dua puluh persen (20%)dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)serta dari Aggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.

(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. 

Artinya, dari uraian diatas tidak akan tercapai visi Riau jika pendidikan tidak diprioritas, oleh karenanya dengan waktu yang hanya 3 tahun ini apa kah mungkin visi Riau terwujud? Sebuah pertanyaan besar yang jawabannya harus dibuktikan kepada masyarakat RIAU. (rdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!