[OPINI] Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat.

Fachri Arvan Nasution
(Sekretaris PC IPNU Kota Pekanbaru)
Assalamualaikum wr wb. 

Penulis: Fachri Arvan Nasution (Sekretaris PC IPNU Pekanbaru), Senin (23/1/2017)


Pekanbaru:Riaunet.com~Pendidikan islam dalam keluarga berlangsung antara orang tua dan anak. Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab memberikan pendidikan islam kepada anak. Sedang kan anak adalah sarana untuk pemberian pendidikan islam. 

Pentingnya pendidikan islam dalam keluarga adalah agar anak mendapatkan pendidikan moral sesuai dengan syariat islam. Pendidikan agama adalah dasar untuk tumbuh kembangnya anak menjadi anak yang soleh atau soleha, berbakti kepada orang tua dan bekal untuk menjaga diri agar anak tidak mudah terjerumus dengan hal-hal negatif di zaman yang penuh kemajuan ilmu pengetahuan saat ini. Yang semua mudah diakses kapanpun dan apapun yang bisa membuat anak terjerumus. 

"Maka dari itu ada beberapa dorongan orang tua yang harus di berikan kepada anak.

1. Dorongan cinta kasih terhadap keturunan.

2. Dorongan tanggung jawab sosial.

3. Dorongan moral.

4. Dorongan kewajiban agamis.

Empat hal inilah yang insyaallah mampu membentuk psikis yang baik. Semua itu akan membawa anak kita mendapatkan kenyamanan, ketentraman dan mental yang kuat. 

Pendidikan islam dalam sekolah bagaimana di tekankan untuk pembentukan moral dan mental pada anak sesuai syariat islam. Bembahasan A tadi sudah di ajarkan tentang moral. 

Nah.. di sekolah adalah pembentukan moralitas dan mentalitas nya. 

"Pembentukan moral dan mental harus di dasari jiwa yang kuat. Kalau dari keluarga tadi sudah di ajarkan, maka insyaallah disekolah akan lebih mudah untuk membentuknya. Apalagi sekolah yang lebih kuat agamanya. Ini lebih mudah untuk mengajarkan tentang islam dalam sekolah, dan Ini akan lebih singkron. 

Pendidikan islam dalam masyarakat ini yang harus ekstra untuk mengontrol sang anak, agar anak tidak gampang masuk ke pendidikan islam yang menyesatkan. Karena banyak islam yang sesat di negara ini yang tidak sesuai dengan syariat dan sunnah rasul. 

Untuk lebih dapat bermoral dan bermental tentu orang tua juga harus mengajarkan anaknya untuk mengikuti pengajian di masyarakat, ikut remaja mesjid dan hal lain yang tidak menyesatkan sang anak. 

Karena dengan ini kita tau moralitas dan mentalitas anak terhadap masyarakat di sekitarnya. 

"Kesimpulan: ini lah pentingnya pendidikan islam dalam diri di ajarkan sejak dini. Karna ini salah satu dasar anak untuk menjadi anak yang soleh atau soleha, berbakti kepada orang tua, kepada guru dan mampu mengayomi masyarakatnya kelak. 

Karena saat ini permasalahan orang tua, banyaknya anak kita yang melawan orang tua, guru, dan bergaul bebas. 

"Insyaallah kalau kita membekalinya dengan pendidikan islam mulai dari lahir hingga dia beranjak dewasa, insyaallah ia akan menjadi anak yang benar-benar berguna bagi agama dan bangsa. Amin ya robbal alamin.

Terimakasih.

Wallahul muafiq ila aqwa mithariq. Wassalamualaim wr wb. (tim)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!