Flickr

Proyek IPAL Tahun 2016 Di Pinang Sebatang Belum Rampung

SIAK:Riaunet.com~Proyek Pembangunan Instalasi Pembuangan air limbah (IPAL) di Kampung Pinang Sebatang,Kecamatan Tualang kabupaten Siak belum Rampung dikerjakan. 

Proyek yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 263.000.000 dengan anggaran pemerintah pusat dari program Kementerian Lingkungan Hidup melalui pengawasan Tata ruang cipta karya (Tarcip) Kabupaten Siak tahun 2016 ini, hingga saat ini belum selesai dikerjakan, padahal sekarang sudah memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2017.

Seperti diketahui bahwa proyek IPAL di Pinang Sebatang dikerjakan oleh Swadaya Masyarakat setempat, anehnya proyek swadaya tersebut tidak dikerjakan oleh masyarakat setempat.

Pantauan dilapangan, Ada dua tempat pembuangan dan proses pengelolaan limbah tersebut, masing-masing ditempatkan di RT 01 dan RT 03 Kampung dalam Kampung Pinang Sebatang, untuk di RT 01 pembangunan IPAL belum selesai dikerjakan, terlihat tanah masih di gali dan pipa masih posisi diluar, sedangkan sepsiteng besar sudah selesai dikerjakan namun tidak rapi.

Sedangkan IPAL di RT 03 sudah selesai dikerjakan, dan diperindah dengan bunga bunga di sekeliling Sepsiteng tersebut. 

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat Proyek IPAL di Pinang Sebatang, Yusman membantah bahwa proyek tersebut belum selesai dikerjakan.

"Proyek tersebut sudah selesai dikerjakan, namun saat ini tinggal finishing saja,"Sebut Yusman saat dikonfirmasi riaunet.com melalui Seluler,Minggu (15/1/2017).

Dijelaskan Ketua lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Kampung Pinang Sebatang tersebut bahwa proyek IPAL di pinang sebatang terletak di RW 04 Kampung dalam RT 01 dan RT 03 Kampung dalam Kampung Pinang Sebatang,Tualang.

"RT 01 sekitar 11 rumah yang dilakukan pemasangan Ipal tersebut, sedangkan sisanya di RT 03 sebanyak 8 unit rumah, jadi total instalasi pembuangan limbah sebanyak 19 unit rumah, dengan 2 penampung besar akhir limbah (Sepsiteng),"Ungkapnya.

Kemudian, limbah tersebut  dikelola didalam 2 penampung besar dan baru dialiri kesungai.

Terkait serah terima proyek tersebut, ketua KSM IPAL menyebutkan dalam waktu dekat ini proyek IPAL akan diserah terimakan dan secepatnya akan kita selesaikan. (Iz)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!