Sikapi HOAX, IPNU Kota Pekanbaru Salahkan Cara Pemerintah

Pekanbaru:Riaunet.com~Akhir-akhir ini kita sering disuguhkan oleh berita yang teramat sering dikabarkan. "Ya, Hoax menjadi trending topik di media. Bukan karena apa Hoax itu, tapi karena begitu getolnya pemerintah untuk membasmi Hoax tersebut. 

Menanggapi hal ini, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Pekanbaru-riau menyatakan keprihatinannya terkait dengan cara pemerintah untuk membasmi berita Hoax tersebut.

Ketua IPNU Kota pekanbaru, Saddam Orbusti Ritonga saat di temui riaunet.com kediamannya dipekanbaru, Jum'at (20/1/2017) mengatakan bahwa IPNU prihatin dengan cara pemerintah terkait dengan Hoax ini.

"IPNU (khususnya PC Pekanbaru) terus- terang sangat prihatin dengan cara pemerintah kita dalam hal ini (Hoax-red). 

Bayangkan saja "Hoax" yang bisa diibaratkan sebagai tikus harus dibasmi dengan membakar lumbung padinya. 
Cara seperti ini tidak benar. Pemerintah tidak boleh melakukan cara yang demikian itu (memblokir akun penyebar Hoax)," Katanya. 

Dijelaskan Saddam, Pemerintah harusnya menghadapi masalah ini dengan lebih elegan. Jangan seperti cacing kepanasan seperti ini.

Menurutnya, bahwa cara seperti ini adalah pelanggaran konstitusi, karena sebenarnya setiap rakyat itu dijamin kebebasannya untuk berfikir dan berbicara," jelasnya. 

"Setiap warga negara itu dijamin kebebasannya dalam berpendapat oleh konstitusi kita. Jadi kalau pemerintah melakukan hal ini, sama saja pemerintah melanggar konstitusi kita. 

Ini tidak benar, pemerintah tidak boleh mengintervensi pemikiran rakyatnya," tegas Saddam dengan wajah kecewa. 

Sementara itu Sekretaris IPNU Kota pekanbaru, Fahri Arvan Nasution juga menyebutkan bahwa pemerintah mestinya harus bisa mencerdaskan rakyat agar tidak mudah terprovokasi oleh berita Hoax.

"Pemerintah mestinya harus mencerdaskan kehidupan rakyatnya kalau tidak ingin berita Hoax ditelan mentah-mentah oleh rakyat kita. Apalagi mencerdaskan rakyat itu kan salah satu cita-cita bangsa kita," Ucap. 
Fachri juga menambahkan, tidak mesti pemerintah seperti cacing kepanasan seperti saat ini hanya untuk melawan Hoax. Masih ada cara yang lebih elegan untuk dilakukan oleh pemerintah.

"Pemerintah janganlah seperti cacing kepanasan begini. Masih ada cara yang lebih elegan untuk menanggapi hal ini. Pemerintah itu kan punya segalanya, jadi pemerintah bisa saja melakukan klarifikasi terhadap setiap issue Hoax yang beredar. Ini menurut kami lebih elegan untuk pemerintah," Tutupnya. (Tim)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!