Flickr

Tidak Terdata Di Dinas Kesehatan Siak Warga Tualang Terlantar Di Puskesmas

Siak:Riaunet.com~Salah seorang Warga Kampung Tualang Kecamatan Tualang, Asman Pohan terlantar di Puskesmas KM 3 Kampung Tualang Kecamatan Tualang, kabupaten Siak, Rabu (4/1/2017). 

Terlantarnya Asman Pohan dikarenakan tidak terdata di Sofware nama yang di miliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Siak sebagai masyarakat kurang mampu untuk menikmati program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Siak secara gratis tersebut, Padahal Asman Pohan Memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Siak sebagai syarat untuk berobat gratis di Kabupaten Siak ini.

Menurut penuturan istri dari Asman Pohan yang enggan disebut namanya mengaku bahwa dia berobat di Puskesmas KM 3 Kampung Tualang ditelantarkan oleh pihak puskesmas tanpa dirujuk.

"Sudah hampir dua jam suami saya ditelantarkan disini (Puskesmas KM 3,red),"Ujarnya sembari mendatangi kantor Kampung Tualang.

Diceritakannya, bahwa suaminya terkena penyakit stroke dan harus di cek hari ini.

"Kami tergolong keluarga kurang mampu, biasanya kami berobat cukup membawa KTP atau KK dan itu cepat ditangani, namun sekarang kok berbeda ya, ada apa ? ,"Tanya Wanita Parubaya sembari menjumpai penghulu Tualang.

Sementara itu, Penghulu Tualang Jufrianto cukup menyayangkan pihak puskesmas KM 3 Tualang tersebut karena telah mentelantarkan warganya.

"Sudah dua warga saya kesini, Kalau memang ada perubahan pelayanan seperti itu, seharusnya terlebih dahulu disosialisasikan lah, biar masyarakat kami tidak bingung seperti ini, kalau misalnya warga kami meninggal gimana??," Cerutu Jufrianto.

Jufrianto menyampaikan bahwa ini kan surat edaran Bupati, jadi bagaimana  masyarakat mengetahui bahwa dia sudah terdata sebagai masyarakat kurang mampu atau tidak dari dinas kesehatan siak.

"Dinas Kesehatan harus juga melampirkan data masyarakat yang juga ditanggung oleh Jaminan kesehatan Daerah (Jamkesda) Siak tersebut,"Jelasnya.

Menanggapi persoalan tersebut Kepala Puskesmas KM 3 Perawang Kecamatan Tualang, Drg Nedra mengatakan bahwa sudah ada surat edaran dari Bupati Nomor : 800/SE/665/2016 bahwa ditahun 2017 ini pengobatan Jamkesda Siak yang ditanggung oleh daerah adalah warga yang sudah terdata di Sofware nama yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

"Kami mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh surat edaran Bupati tersebut, kalau tidak terdata berarti dia tidak masuk dalam program Jamkesda Kabupaten Siak," Katanya.

Terkait data atau nama yang digunakan oleh Dinas Kesehatan tersebut, Dinas Kesehatan menggunakan data yang dikeluarkan oleh Basis data terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Kita hanya mengikuti data TNP2K tersebut, jadi terkait pasien darurat, dia keluarga kurang mampu, namun tidak termasuk di data TNP2K, nanti kita bicarakan sama Pimpinan yaitu Kepala Dinas," Ujarnya (Iz).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!