Flickr

Warga Protes, Diduga Limbah PT SJI COY Di Rohul Cemari Aliran Sungai

Siak:Riaunet.com~Diduga Limbah minyak Kelapa sawt PT SJI COY didesa Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan cemari sungai perut Rusa yang berakibat dalam bulan terakhir banyak ikan yang mati yang diduga keracunan.

Diduga kolm pembuangan pabrik tersebut menglami kerusakan, sehingga limbah tersebar ke badan jalan perusahaan dan mengalir ke parit di samping jalan dan ke sungai Perut Rusa.

Berdasarkan keterangan Maneger PT SJI Coy, Anal Riduan bahwa kerusakan kolam limbah tersebut telah berlangsung sebulan, namun belum dapat diperbaiki karna alat berat milik perusahaan rusak," singkatnya.

Terlihat akibat limbah berbahaya milik PT SJI yang mengalir keparit (selokan) dalam sebulan terakhir ini, ikan di sungai perut rusa pun banyak yang mati, tak hanya itu, warga desa yang mandi di sungai tersebut pun mengalami gatal-gatal pada kulit tubuhnya.

Dengan hal ini warga yang didampingi perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Rokan Hulu (Rohul)melakukan protes ke perusahaan dan menuntut agar segera memperbaiki kerusakan pada kolam limbah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT labotarium BLH Rohul, Nasukha juga mengambil sampel air yang telah tercemar limbah di tiga titik, sepert di pintu pembuangan limbah yang mengalir ke parit dari hulu ke hilir untuk di uji.

Kepala Seksi (Kasi) pengwasan dan pengelolaan Lingkungan hidup Rohul, Kamis (5/1/2017) mengatakan bahwa PT SJI COY belum memiliki Izin Amdal dan izin pembuangan limbah, dan syarat untuk mendapatkan izin tersebut pun belum dipenuhi.

"Sementara aliran limbah tersebut sudah keluar kolam penampungan dan mengalir sampai ke sungai, dengan persoalan tersebut PT SJI bisa dikenakan sanksi, dan untuk Izin Amdal dan pembuangan BLH tak akan mengeluarkan apabila sampel yang di Uji hasilnya nanti melebihi baku mutu," Ujarnya. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!