Warga Mandau Mengutuk Keras PKS PAA Yang Membuang Limbahnya Ke Sungai

Bengkalis:Riaunet.com~Andika Sakai, Warga kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis-riau mengutuk keras terhadap perusahaan Pabrik Kelapa Sawit PT Pelita Agung Agroindustri (PKS PAA) di Desa bumbung yang diduga telah mencemari lingkungan pemukiman warga, dimana limbah pabrik tersebut dibuang ke aliran sungai.

 Sementara sungai itu adalah sungai Bathin Sobanga, yakni salah satu sungai tempat para orang tua kami dahulu berlabuh mencari ikan, tapi hari ini sungai telah dicemari oleh limbah PKS PAA yang tidak bertanggung jawab.

 "Kami harus lestarikan sungai tersebut, karna banyak cerita dan kenangan yang mengukir sejarah para ninik datuk kami dahulu nya," Tegasnya, Kamis (9/2/2017).

 Dijelaskannya, perusahaan tersebut bukan hanya mencemari limbah tetapi juga mencemari udara, yaitu abu boiler yang di keluarkan oleh PKS tersebut juga memasuki rumah masyarakat di sekitarnya, ini sangat bisa mengganggu pernapasan dan berbahaya jika terhirup oleh manusia.

 "Abu boiler itu salah satu campuran untuk aspal, dan bisa mengganggu pernapasan manusia," jelas Andika Sakai yang juga selaku Humas HPPMSR.

 M. Nur Rafi, selaku ketua Umum HPPMSR juga sangat kecewa dengan pihak PKS PAA yang telah mencemari lingkungan, kita minta kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis agar meninjau kelapangan agar lebih jelas apa yg telah dibuat oleh PKS PAA terhadap lingkungan sekitar nya.

 Limbah PKS PAA tersebut sangat merusak lingkungan, seperti Abu Boiler dan pembuangan limbahnya ke sungai bathin sobanga, kemudian kita juga minta kepada bupati bengkalis agar meninjau kembali izin PKS PAA tersebut," Katanya.

 Kita menilai bahwa PKS tersebut tidak sesuai dengan aturan pendirian industri, seharusnya PKS tersebut harus berdiri dari jalan berkisar 1 kilo agar tidak mengganggu masyarakat sekitarnya.

 "Sekali lagi kita tegaskan kembali kepada BLH Bengkalis agar secepat mungkin untuk bisa turun ke PKS itu yang telah membuang limbahnya sembarangan dan mengeluarkan abu boiler ke rumah pemukiman masyarakat," Tegas Rafi. (Tim)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!