Berita Terkini

Ustad Abdul Somad, L.c, M.A (Ulama hadis Riau) Diamanahkan Sebagai Pimpinan Ormas Islam Al Jam'iyatul Washliah Riau

Kamis, April 13, 2017
Loading...
Pekanbaru:Riaunet.com~Hasil Musyawarah Wilayah Al - Jam'iyatul Washliyah Provinsi Riau Ke - IV yang dilangsungkan pada 14 Maret 2017 di Hotel Pengeran Pekanbaru, mengangkat tema "Meneguhkan Peran Al - Jam'iyatul Washliyah, Menuju Riau Madani".

Acara ini di hadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al - Jam'iyatul Washliyah Dr. H. Yusnar Yusuf, MS dan Sekretaris Umum Dr. H. Masyhuril Khamis, SH. MM. Membuahkan hasil dalam mekanisme Muswil Pengurus Wilayah Al Washliyah Riau mengamanahkan Ustad Abdul Somad, L.c, M.A (Ulama Hadis Riau) sebagai pimpinan baru Ormas Islam Al Jam'iyatul Washliyah atau Al Washliyah Provinsi Riau dengan masa Khidmat 2017 - 2022.

Al Jam’iyatul Washliyah merupakan organisasi Islam yang lahir pada 30 November 1930 dan bertepatan 9 Rajab 1349 H di kota Medan, Sumatera Utara. Al Jam’iyatul Washliyah yang lebih dikenal dengan sebutan Al Washliyah, yang lahir ketika bangsa Indonesia masih dalam penjajahan Hindia Belanda (Nederlandsh Indie). Sehingga para pendiri Al Washliyah ketika itu turut pula berperang melawan penjajah Belanda. Tidak sedikit para tokoh Al Washliyah yang ditangkap Belanda dan dijebloskan ke penjara.

Tujuan utama mendirikan organisasi Al Washliyah ketika itu adalah untuk mempersatukan umat yang berpecah belah dan berbeda pandangan. Perpecahan dan perbedaan tersebut merupakan salah satu strategi Belanda untuk terus berkuasa di bumi Indonesia. Oleh karena itu, Organisasi Al Washliyah turut pula meraih kemerdekaan Indonesia dengan menggalang persatuan umat di Indonesia.

Ketua Al-Washliyah Riau priode sebelumnya H. Rusli Effendi, S.Pdi, S.E, M.Si yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal dan Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia yg juga Wakil Sekjen PB Washliyah. 

"Saya berharap Al Washliyah kedepannya harus berkemajuan terutama dalam pembinaan akhlak, bagaimana Al Washliyah ini harus mampu mewujudkan cita - cita pendirinya sebagai garda terdepan membela Agama Islam yang rahmatan lil'alamin dan menciptakan kader-kader yang mumpuni dibidangnya," Ujarnya.

"Al Washliyah sebagai Ormas Islam terbesar nomor tiga di Indonesia harus berbenah melahirkan gagasan keislaman yang tentunya berkhidmat melayani umat," tambahnya Dijelaskan lagi oleh dengan sapaam Ustad Rusli Effendi, semoga pengurus baru Al Jam'iyatul Washliyah bisa membawa Al Washliyah lebih baik kedepannya dan mengembangkan Al Washliyah keseluruh kabupaten/kota di Riau.

Kita memiliki Aset yang nominalnya miliaran rupiah, ini yang harus di kembangkan dan di bangun pendidikan Islami di bumi lancang kuning ini," harapnya. Ketua sayap Organisasi Al-Jam'iyatul Washliyah yakni Gerakan Pemuda Al-Washliyah (GPA) Provinsi Riau yang di Pimpin oleh Mantan Presiden Mahasiswa Uir tahun 2013.

Yusroni Tarigan, S.Sos, Kamis (13/4/2017) menegaskan, Al- Jam'iyatul Washliyah haruslah mampu memperkokoh dan menjaga ukwah islamiah dengan Ormas - ormas Islam dan Ormas Nasionalis yang ada di Riau terkhusus sesama kader organisasi agar berjalan roda organisasinya dalam estafet kepemimpinan organisasi untuk mencapai tujuan.

"Saya yakin dengan kepemimpinan Ustad Abdul Somad seorang Ulama Hadis Riau dan Kader Tulen Al Jam'iyatul Washliyah mampu membesarkan dan menghidupkan semangat juang organisasi. Aset Al Washliyah besar semoga Al Washliyah tetap fokus dan komitmen dalam pembinaan SDM yang berakhlak mulia dan terwujud Universitas Al Wasliyah lima atau sepuluh tahun lagi," Tutupnya. (rdk)