Berita Terkini

ADD Belum Juga Cair, Puluhan Kades di Bengkalis Curhat kepada Ketua DPRD

Selasa, Desember 26, 2017
Bengkalis:Riaunet.com~Sejumlah puluhan Kepala Desa (Kades) di kecamatan bengkalis dan bantan, kabupaten Bengkalis-riau, selasa siang (26/12/2017) keluhkan Uang Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua yang tak kunjung cair. Para kepala desa mengharapkan ada solusi dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini. 

Banyaknya hutang gaji bagi aparatur desa membuat kepala desa di kecamatan bengkalis dan bantan menjadi tidak karuan dan galau. Kegalauan para kepala desa ini di curahkan kepada ketua DPRD kabupaten bengkalis Abdul Kadir. 

Abdul kadir yang menerima para kepala desa di halaman rumah dinasnya secara serius mendengarkan dengan seksama keluhan para kepala desa tersebut. 

Ketua DPRD bengkalis menjelaskan, Kepala desa kecamatan bengkalis dan bantan hampir seluruhnya hadir. Mereka menanyakan masalah ADD Tahap 2. Sementara Pemerintah kabupaten bengkalis masih menunggu dana transfer Tahap 2 dari transfer pemerintah pusat. Jatah 10 persen dari Dana Bagi Hasil yang di transfer ke daerah merupakan dana desa. Untuk melakukan transfer tersebut pemerintah menggunakan Peraturan menteri keuangan no 178 yang rencananya pada bulan desember 2017 ini dicairkan sekitaran tanggal 21 22 dan 23 desember kemaren, seharusnya sudah ditransfer.

"Jika Dana DBH masuk pada rabu ini ataupun kamis, bisa dimasukkan ke rekening desa masing-masing," kata Abdul Kadir.

Menurut Abdul kadir bahwa keresahan para kepala desa ini wajar, karena Gaji para aparatur desa baru terbayar separoh. Masih tertunda gaji para aparatur desa ini. Kalau masuk dananya rabu ini Akan di bayarkan secepatnya.

Sementara, waktu yg tersisa sangat sedikit. DPRD akan duduk bersama dengan eksekutif untuk mencari jalan keluar," ujarnya.

Jika dana DBH tidak di transfer, kemungkinan pinjam dana Bank. 

"Masalah ADD, ini kewajiban pemerintah yang harus ditunaikan kepada Desa. Besok, Rabu (27/12) kita adakan pertemuan di kantor DPRD," tutup Abdul Kadir. (Rom)