Kelompok Ternak Rohul Terima 15 Ekor Sapi Dari Baznas Riau

RokanHulu:Riaunet.com~Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau melalui Baznas Rokan Hulu menyalurkan bantuan 15 ekor sapi kepada kelompok tani di Dalu-dalu, Kelurahan Tambusai Tengah, Kecamatan Tambusai. Bantuan sapi ini diserahkan di kantor Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Tambusai, Selasa (5/12/2017). Penyerahan dilakukan melalui perjanjian tertulis dan hanya untuk dipelihara, diternakkan dan tidak boleh dijual.

Wakil Ketua Baznas Riau, Azwar Aziz mengatakan, bantuan ini mengupayakan agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat miskin. Dimana sapi yang diberikan telàh berumur 2 tahun dan berjenis kelamin betina, yang nantinya akan terus dikembangkan.

“Ketua kelompok tani menandatangani perjanjian, yang isinya bantuan hewan ternak sapi tersebut untuk diternakkan,  tidak boleh dijual, jika mati karena kelalaian anggota kelompok, maka wajib diganti oleh kelompok, jika mati karena kondisi alam atau penyakit maka akan di ganti oleh Baznas Riau,” kata Azwar.

Ia menjelaskan, jika sapi hilang maka anggota kelompok tani wajib melapor ke polisi untuk ditindak lanjuti secara hukum, dan jika panen tiba, hasil peternakan wajib dizakatkan atau disedekahkan kembali,"tambahnya.

Disamping itu, untuk mensukseskan program usaha produktif Baznas Riau, Ketua Baznas Rohul, Armen ZA siap menggandeng Dinas Peternakan Rohul dalam pelatihan dan pembinaan kelompok peternak sapi, untuk meningkatkan kualitas beternak.

“Dengan menggandeng dinas peternakan nantinya para petani akan lebih bisa mengetahui bagaimana beternak dengan baik, dengan cara membimbing serta melatih petani untuk mengetahui kapan sapi bisa cepat melahirkan serta kesehatan sapi terjaga. Kalau diserahkan langsung tanpa dibimbing maka tidak akan maksimal, dan bisa mengalami kegagalan,” ujar Armen.

Sementara itu Kakan Kemenag Rohul, Syahrudin M.Sy, yang turut menyaksikan penyerahan bantuan sapi tersebut mengharapkan agar kelompok tani yang mendapatkan bantuan sapi betina ini, supaya lebih serius dalam menjalankan usaha peternakan tersebut, sehingga manfaat dari bantuan ini betul-betul dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. (des)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!