Berita Terkini

Ini Perbincangan Ketua DPRD Bengkalis Terkait Tunda Bayar Pemkab Tahun 2017 Kepada Rekanan Dan Desa

Selasa, Februari 20, 2018
Bengkalis:Riaunet.com~Sejumlah pertanyaan terkait dasar hukum untuk membayar hutang Pemkab Bengkalis kepada rekanan kontraktor yang telah melaksanakan pekerjaan proyek APBD tahun 2017 senilai Rp.391.142.900.000 dan hutang  dana ADD  Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis kepada Pemerintah Desa se kabupaten bengkalis tahun 2017 senilai  Rp 65.386.230.012  yang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang  APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018 tidak dianggarkan. 

Menurut Ketua DPRD Kabupaten bengkalis, Abdul Kadir bahwa hutang tersebut dapat dibayar menggunakan dana APBD murni tahun 2018 berpihak pada dasar hukum Permendagri nomor 31 tahun 2017 kalau untuk tahun 2018.

Ketua DPRD Bengkalis Dapil Kecamatan rupat dan rupat utara tersebut dengan kental logat melayunya itu beralasan, saya langsung bertanya kepada Mendagri disana, bisa kalau duit APBD 2018 kami pakai dulu, sebelum proyek tu berjalan, pakailah tak ape-ape kate die nanti diganti," kata Abdul Kadir seraya meniru pendapat yang disampaikan oleh Ikhsan yang disebut-sebut orang Kemendagri yang tidak diketahui jabatanya oleh Abdul Kadir.

"Mengamati dari dasar Permendagri yang diucapkan Abdul Kadir tersebut sangat membingungkan, karena permendagri nomor 31 sesungguhnya  merupakan Permendagri tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2017, sementara pedoman Penyusunan APBD tahun 2018, yaitu Permendagi nomor 33 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2018.

Berikut wawancara lengkap Media ini bersama Abdul Kadir 12/2/2018.

Pertanyaan :Yang ingin kita konfimasikan terkait dengan tunda bayar Pemkab Bengkalis terhadap pihak ketiga rekanan kontraktor dan dana ADD untuk Pemerintah Desa se Kabupaten Bengkalis tahun 2017, apakah diterakomudir dalam APBD Bengkalis tahun 2018 ?. Jawaban Abdul Kadir, Masaalah tunda bayar ini begini, die tunda bayar itu kan masih ade kewajiban pusat yang masih belum diselesaikan 2017, makanye kite terjadi tunda bayar. Tunda bayar ini dalam peraturan pemerintah, disebut, diapekan dalam permendagri nomor 31 iyekan, nomor 31 tahun 2017 kalau untuk tahun 2018 iye kan, itu tunda bayar itu eee akan kite lakukan, misalnye pembayaran nanti di bulan empat, misalnye kan duit itu cair dibulan empat nanti sebelum bulan empat kite akan melakukan penjabaran APBD Permendagri nomor 31 itu ade mengatur tentang penjabaran APBD. Nanti penjabaran APBD itu dilakukan setelah APBD ini berjalan, iye kan. Setelah APBD ini berjalan, inikan sudah berjalan gaji-gaji  sudah mulai dibayo. nanti dalam waktu dekat ini kite akan duduk bersama TPAPD kite melakukan penjabaran APBD.

Dalam penjabaran APBD tu, disitulah kite memasukan semue utang, kan kite mintak rekap ni dah selesai, iye kan dah selesai. Berape hutang kite semue kite masuk semue dalam penjabaran APBD tu, dibayo utang pade pihak ketiga. Itu system yang kite gunekan didue ribu delapan belas, ee didue ribu enam belas, due ribu tujuh belas kemaren due ribu delapan belas begitu jugak, karena ade aturan yang mengaturPertanyaan :Tadi pak ketua mengatakan permendagri nomor 31tahun 2017 ? Jawaban Abdul Kadir : Kalau untuk 2017 kemaren tu, tuk membayar hutang tu,dasar kite PERMENDAGRI nomor 31 tahun 2016, kalau untuk 2018 PERMENDAGRI nomor 33  tahun 2017 .Pertanyaan :Didalam Permendagri nomor 33 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2018, disitu hal hutang pada pihak ketiga ataupun pekerjaan pada tahun berjalan yang belum terlunasi , itukan dimasukan dalam  APBD tahun 2018. 

Jawaban Abdul Kadir : Iyee, die penjabaran, itu,itu PERMENDAGRI nomor 33 tentang Penjabaran, artinye nanti pade saat penjabaran dengan menggunakan Perbup, die memasukan dalam APBD tahun 2018, die masukan nanti tu di APBD Perubahan.Tapi didalam penjabaran itu menggunakan Perbup, die bisa dibayo dulu. Aaa didue ribu delapan belas, diperubahan terakhir baru kite masukan die, diikutkan die didalam APBD. Jadi total keseluruhannye jadi nampak.

Same macam due ridu, due ribu tujuh belas kite tunda bayar, iye kan kite tunda bayar jugak didue ribu tujuh belas kan, kite menggunakan penjabaran APBD, penjabaran APBD tu dilakukan dengan Perbup Iye kan, keputusan Bupati, kan dibayar diakhir tahun di APBD Perubahan ini dimasukan.

Pertanyaan :Sejauh apa yang kita ketahui, APBD Bengkalis tahun 2018 disahkan pada tanggal 29 November 2017, kemudian pada tanggal 5 Desemeber 2017 ditindak lanjuti untuk diverifikasi  ke Pemprov.Riau kalau tidak silap saya, APBD berserta Perda APBD dan Perbup Penjabaran APBD tahun 2018, nah tadi pak ketua mengatakan tentang Perbup sedangkan perbup sudah diverifikasi, jadi apakah Perbup itu dilakukan perubahan ataukah masih tetap memakai Perbup tersebut?

Jawaban Abdul Kadir: Kite belum ade Perbup,Perbup tentang penjabaran APBD belum dibuat, kemaren itu-itu bukan perbup itu, itu Perbup APBD. Penjabaran APBD beda lagi die.Pertanyaan :Maksud saya yaitu perda APBD, kemudian dibarengi dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penjabaran APBD.

Jawaban Abdul Kadir : Belum ade pak, kalau untuk 2018 ini belum diterapkan Perbup Penjabaran APBD, itu belum dibicarakan, rekap dulu utang, setelah rekap baru kite  lakukan Penjabaran APBD iye kan, baru dibuat Perbup nye, baru bisa dibayar. haa sampai hari ini penjabaran APBD Belum kite lakukan, karene kawan-kawan di TPAPD sane dipihak eksekutif sane sedang merekap, berape utang semue, saye mintak hari ini petang ini ade rapat iye kan, dengan SKPD bawak berapa utang, kite ingin melakukan penjabaran APBD, penjabaran APBD ini ada dua. Kalau kite tidak bisa bayo dengan ape, dengan duit tunda bayar lambat cair, kite bayo pakai duit APBD dulu, itu boleh karena saya langsung ke Mendagri kemaren tu mempertanyekan itu. Boleh tak kalau mike lambat salurkan dana, kami gunekan duit  2018 dulu, boleh pak silakan.

Pertanyaan :Tapi setiap pengguna anggaran APBD tahun 2018 itu kan sudah diatur dalam Perda, artinya pos-pos dalam Postur APBD itu termasuk belanja barang belanja pegawai, kemudian pada penjabaran itu kan memang kalau ada hutang pada pihak ketiga itukan dijelaskan pada Perda itu, nah sementara pos pada Perda tersebut  untuk hutang pada pihak ketiga. 

Jawaban Abdul Kadir :Penjabaran APBD pak, tidak mengganggu APBD tahun 2018, penjabaran APBD menyangkut dengan hutang-hutang  pada pihak ketiga  di 2017, di 2017 itu terjadi tunda bayar diakibatkan pusat belum bisa menyelesaikan kewajiban mereka di 2017 keseluruhan,Pertanyaan :Maksud keseluruhan itu bagaimana ?.

Jawaban Abdul Kadir : Misalnya triwulan ke 4 (empat) aja mereka belum bayar pak satu perak pun pada 2017.

Pertanyaan :Berapa jumlahnya?.

Jawaban Abdul Kadir : Rp. 500, lima ratus Miliyar iye kan, belum lagi selisih pak, selisih triwulan satu dua, tiga,selisih transper mereka belum bayar. Jadi akibat itu ada tunda bayar. Tunda bayar itu tidak mengganggu porsi APBD 2018, tunda bayar ini menyangkut kewajiban pusat 2017 yang belum diselesaikan yang dibayar di 2017.

Pertanyaan :Nah kalau kita mengacu pada undang-undang nomor : 33 Tahun 2004 tentang dana perimbangan antara Pusat dan Daerah, Undang-undang RI no 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor : 13 Tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan Daerah, nah dalam ketentuan ini yang masih tetap berlaku sampai saat ini menyatakan Pengelolaan keuangan daerah dilaksanakan dalam satu system yang terintegrasi yang ujud dalam APBD setiaap tahun  mulai 1 januari s/d 31 desember seluruhnya ditetapkan dalam PERATURAN DAERAH (PERDA) dan tidak dengan Peraturan Bupati (Peraturan Kepala Daerah), nah sekiranya ini merupakan tunda bayar  atau lambat transfer oleh pemerintah pusat, tentu hutang pada pihak ketiga harus terakomudir didalam APBD thun 2018, dipayungi oleh Perda sementara sejauh apa yang kita ketahui itu tidak tercantum mata anggran tunda bayar atau hutang pada pihak ketiga.

Jawaban  Abdul Kadir :  Saye sudah cakap tadi,saye dah cakap same bapak, ini pak menggunakan penjabaran APBD, menggunakan Perbup, nanti di APBD Perubahan baru die dimasukan didalam Perda APBD 2018. Perda APBD 2018 ditutup dengan APBD perubahan pak, totalnye ditutup dengan APBD perubahan berape, nanti die dimasukan disitu pak, tapi untuk proses die, die cukup dengan melakukan penjabaran APBD menggunakan Perbup.

Pertanyaan :Dan itu diatur dalam peraturan mana ?.

Jawaban Abdul Kadir : Ada pak, itu saye sebut tadi diatur dalam PERMENDAGRI (Permendagri), bapak bukak PERMENDAGRI nomor 31 tahun 2016.

Pertanyaan :Nah Permendagri nomor 31 tahun 2016, itu kan mengatur tentang Pedoman penyusunan APBD tahun 2017.

Jawaban Abdul Kadir : Tentang penjabaran APBD pak !, APBD dan Penjabaran APBD bapak cari pasalnye disitu, ada pasal yang mengatur tentang penjabaran, ada pasal disitu pak, iye kan 

Pertanyaan :Maksud saya begini pak, itu yang mengatur tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2017.

Jawaban Abdul Kadir : Dalamnye itu ade pasal, didalam itu ade pasal tentang penjabaran APBD. Penjabaran APBD ini kapan dilakukan, bapak bace disituuu.

Pertanyaan :Nah,itu yang berkaitan dengan tahun 2017, sementara Permendagri nomor 31 tahun 2016 itu kan habis masa berlakunya sampai dengan tanggal 31 tutup mata anggaran tahun 2017.

Jawaban Abdul Kadir : iaa, kan dilanjutkan lagi dengan PERMENDAGRI nomor 33.

Pertanyaan :Nah, permendagri nomor 33 pada Bab lampiran angka ke 37, itu dijelaskan, dalam hal Pemerintah daerah mempunyai kewajiban kepada pihak ketiga terkait dengan pekerjaan yang telah selesai pada tahun anggaran sebelumnya, maka harus dianggarkan kembali pada akun belanja dalam APBD tahun 2018 sesuai kode rekning berkenaan, dimasukan dalam APBD tahun 2018. 

Jawaban Abdul Kadir :iya, dilakukan  penjabaran pak.

Pertanyaan :Kalau disitu tidak disebutkan penjabaran tapi dimasukan dalam APBD.

Jawaban Abdul Kadir :Itu kite tanye pak, kite tanye pade yang tukang buat, kite tanye lebih jelaskan itu, kami ni betanye pade Mendagri, macam mane iye kan, macam 2017 jugak lakukan, iyekan same prosesnye, tak ade masalah menurut saye, tinggal duit cair kite bayo. Ade kawan menaye pakai ape nak bayo? pakai duitlah, pakai ape nak bayo iye kan. 

Pertanyaan :Jadi alasan pegangan permendagri nomor 31 itu tadi ya pak.

Jawaban Abdul Kadir : Pegangan nomor 31, dasarnya sama semuanya, Cuma perubahan redaksi aje iye kan.

Pertanyaan :Karena yang digunakan ini kan 2018, kemudian pijakan permendagri nomor  31 tahun 2016 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2017, kan gitu iya pak?.

Jawaban Abdul Kadir : Dengan hanya mengangguk kepalanya.

Pertanyaan :Yang kita pahami kemaren kan, ada bahasa dari Plt.BPKAD yang menyatakan bahwa mereka akan menggunakan dana triwulan pertama 2018.

Jawaban Abdul Kadir : Bisa pak, bisa, karena saya yang langsung pergi, saye langsung betanye dengan-dengan dimendagri sane, bisa dak kalau duit APBD 2018 ini kami pakai dulu, sebelum proyek berjalan ? pakailah tak ape-ape, nanti kan diganti itu kate die.

Pertanyaan :Boleh kita tau di Kemendagri siapa itu yang menyatakan ?.
Jawaban Abdul Kadir :Pak IKHSAN boleh. 

Pertanyaan :Pak Ikhsan itu bidang apa itu pak ?.

Jawaban Abdul Kadir :Kite kan betanye iye kan, boleh tidak misalnye duit yang ditransper untuk bayo hutang itu tidak cukup, die kan kejadinye 2017, duit yang ditransper itu tidak cukup iye kan, boleh tidak kami gunakan APBD triwulan pertama ini untuk mencukupi pembayaran itu, boleh, silakan kate die.

Pertanyaan :Maksud saya pak ikhsan tadi di Kemendagri dimana itu pak.

Jawaban Abdul Kadir : Ikhsan ini pak orang yang paling dipakai seluruh Indonesia iye kan, di mendagri ini, saye jabatan die saye tak tau die sebagai ape, pokok nye kalau kite terbentur masalah didaerah-daerah ni, ikhsan itulah sebagai patokan dikementerian dalam negeri.

Pertanyaan :Oh gitu ya, artinya dari biro hukum tidak ada menjelaskan itu ya pak ?Jawaban Abdul Kadir : Tak ade ! pokoknye dasar kite itu patokan kite dari die. (rom).